Jumat, 24 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Pasar Keuangan Terombang-ambing Negosiasi Debt Ceiling

Rabu, 16 Oktober 2013 11:30 WIB
Dibaca 278

Monexnews - Pasar keuangan masih terombang-ambing oleh negosiasi batas atas utang AS yang masih belum selesai padahal deadline 17 Oktober sudah dekat. Rencana pengambilan suara yang akan dilakukan di DPR pagi ini atau malam waktu Washington, tidak terlaksana karena dukungan terhadap draft hasil negosiasi dianggap kurang.

Negosiasi antara Pihak Demokrat dan Republik pun masih akan dilanjutkan. Namun deadline yang kian dekat membuat pasar khawatir kesepakatan tidak akan selesai pada waktunya. Lembaga pemeringkat hutang Fitch telah mengeluarkan outlook negatif terhadap peringkat AAA AS. Pergerakan harga di pasar keuangan amat fluktuaktif, naik turun mengikuti sentimen yang terbentuk dari isu debt ceiling ini.

Kesepakatan yang tidak tercapai tepat waktu bisa menyebabkan pelemahan dollar AS terhadap major currency, nilai aset-aset beresiko bisa anjlok dan pasar akan mencari perlindungan ke aset-aset yang dipandang aman seperti emas, yen, dan franc Swiss. Dan sebaliknya bila kesepakatan tercapai, dollar dan nilai aset-aset beresiko bisa menguat dan aset-aset yang dipandang aman akan ditinggalkan.

Market mover lainnya hari ini adalah data tenaga kerja Inggris. Data ini cukup penting karena bank sentral Inggris menjadikan data ini sebagai acuan perubahan kebijakan moneter. Tingkat pengangguran yang di bawah prediksi dan klaim tunjangan pengangguran yang rendah bisa menguatkan kembali nilai sterling dan sebaliknya. Dari zona euro akan dirilis data indeks harga konsumen (CPI) dimana data yang lebih bagus dari ekspektasi berpotensi menguatkan nilai tukar euro.

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar