Jumat, 24 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Pasar Menunggu Minutes Fed

Rabu, 21 Mei 2014 10:41 WIB
Dibaca 245

Monexnews - Minimnya market mover kemarin membuat indeks dollar AS bergerak mendatar di kisaran 80. Pagi ini telah dirilis data-data ekonomi penting dari Jepang dan Australia.

Jepang melaporkan neraca perdagangannya untuk bulan April mengalami defisit sebesar 840 milyar yen. Hasil ini lebih rendah dari defisit bulan sebelumnya tapi lebih tinggi dari prediksi. Bank Sentral Jepang (BOJ) juga telah merilis hasil rapat kebijakan moneternya. Hasilnya, BOJ tetap mempertahankan kebijakan moneternya saat ini dan tidak melakukan penambahan stimulus. Sikap diam BOJ ini menguatkan nilai tukar yen terhadap dollar AS dan menekan indeks saham Nikkei. Pasar menunggu konferensi pers BOJ siang ini.

Australia melaporkan data survei sentimen konsumennya untuk bulan Mei, dimana hasilnya -6,8% dibandingkan bulan sebelumnya. Pada survei bulan April terjadi kenaikan 0,3%. Hasil ini menambah sentimen negatif bagi nilai tukar dollar Aussie yang kemarin sudah mendapatkan sentimen negatif dari minutes Bank Sentral Australia.

Indeks saham Asia bergerak beragam pagi ini dimana Hang Seng dan Kospi menguat sementara Nikkei tertekan. Pergerakan negatif indeks saham AS semalam memberikan sentimen negatif pada pembukaan pasar saham Asia. Namun Hangseng berhasil menguat berkat komentar dari Salah satu pejabat China yang mengatakan bahwa kebijakan moneter harus fleksibel dan jika diperlukan bank sentral bisa memangkas persyaratan Giro Wajib Minimum (GWM). Pernyataan ini mendorong kenaikan saham perbankan.

Sore hari, dari kawasan Eropa akan dirilis data ekonomi Current Account Zona Euro, hasil voting rapat kebijakan moneter Bank Sentral Inggris (BOE), dan data Penjualan Ritel Inggris. Poundsterling, kemarin, mendapatkan sentimen positif dari data CPI Inggris yang melebihi ekspektasi pasar. Hari ini bila data-data dari Inggris bisa lebih bagus dari ekspektasi pasar, bisa mendorong kembali penguatan nilai tukar mata uang tersebut.

Untuk harga minyak mentah WTI, ada market mover yang akan dirilis yaitu data stok minyak mentah WTI dari Energy Information Administration (EIA) dimana data diperkirakan akan mengalami penurunan stok sebesar 100 ribu barel untuk pekan lalu. Penurunan stok biasanya bisa mengangkat harga minyak.

Dan yang ditunggu pasar hari ini adalah minutes rapat kebijakan moneter Bank Sentral AS. Minutes ini akan mengungkapkan diskusi yang berlangsung dalam rapat tersebut. Bila ada penekanan pada potensi kenaikan suku bunga, tentu bisa mendorong penguatan dollar AS. Namun bila penekanan pada pentingnya kebijakan pelonggaran moneter, dollar AS bisa tertekan.

Jadwal earnings selengkapnya: http://www.monexnews.com/calendar/earnings.htm

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

 (Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar