Minggu, 21 Januari 2018

market-movers  Market Movers

Market Movers: Pasar Respon Perkembangan Reformasi Pajak AS di Awal Pekan

Senin, 18 Desember 2017 8:46 WIB
Dibaca 787

Monexnews - Sentimen positif dari persetujuan partai Rapublik AS terhadap rencana pemangkasan pajak memicu penguatan bursa saham dan dollar AS di awal pekan. Dari pasar komoditas, harga emas diperdagangkan stabil di atas $1250, begitu juga harga minyak mentah di atas level $57 per barel.

Berikut potensi pergerakan pasar hari ini:

Emas
Penguatan dollar usai disetujuinya rencana pemangkasan pajak AS oleh partai Republik berpotensi menekan harga emas menuju support $1250 atau bahkan $1244 hari ini. Sementara kenaikan nampak dibatasi resisten $1260.

Minyak
Penurunan jumlah rig minyak AS dan penutupan jalur pipa Laut Utara memberikan sentimen positif dan menopang harga minyak di atas level $57 per barel. Tembus ke atas level $58 per barel, harga minyak berpotensi kembali menguji level tinggi 2-tahun di level $59 per barel. Namun kenaikan nampak masih terbatasi oleh ekspektasi meningkatnya output minyak AS.

EURUSD
Optimisme reformasi pajak AS berpotensi memicu penguatan dollar dan menekan EURUSD turun ke bawah level support 1.1710, menguji support selanjutnya di level 1.1620. Resisten ada di level 1.1810. Investor nantikan rilis data inflasi zona euro.

GBPUSD
GBPUSD dinaungi sentimen negatif seiring pemimpim Uni Eropa sepakat untuk memasuki diskusi tahap selanjutnya terkait perdagangan dan periode transisi. Di bawah ketidakpastian tersebut, GBPUSD berpotensi turun menguji support 1.3275 dan 1.3225, terutama di tengah penguatan greenback. Resisten masih terdapat pada 1.3380.

USDJPY
Data neraca perdagangan Jepang yang positif berpotensi memicu penguatan yen, sementara dollar tampil kokoh di awal sesi Asia berkat optimisme reformasi pajak. USDJPY masih dalam tekanan bullish menuju 113.75, terutama jika dapat mengatas 112.90. Support kuat terlihat ada pada 112.00.

AUDUSD
Stabil pada awal sesi Asia, revisi naik pada pembaharuan anggaran Australia berpotensi mendorong AUDUSD naik menguji level psikologis 0.7700. Bagaimanapun juga, melebarnya selisih yield Australia - AS berpotensi meredam kenaikan. Support ada di level 0.7620 dan 0.7550.

USDCAD
Penguatan greenback kembali menjadi faktor paling utama di balik kenaikan USDCAD, terutama usai data manufaktur Kanada yang buruk. Target bullish terdekat ada pada 1.2915, sementara support ada di level 1.2800. Stabilnya harga minyak mentah berpotensi meredam kenaikan.

 

Rilis data ekonomi selengkapnya bisa dilihat di Calendar

(Agus Chandra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar