Kamis, 23 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Peliknya Kesepakatan Bailout Yunani

Kamis, 12 Februari 2015 9:50 WIB
Dibaca 288

Monexnews - Kesepakatan soal bailout Yunani tidak terjadi dalam rapat darurat para menteri keuangan Zona Euro semalam. Hal ini memberikan ketidakpastian di pasar keuangan dan tentunya volatilitas harga masih akan besar untuk beberapa hari ke depan.

Pasar masih akan menantikan hasil rapat para pemimpin Zona Euro dan Bank Sentral Eropa malam ini yang akan menghadirkan Perdana Menteri Baru Yunani, Alexis Tsipras. Sebagian analis berpendapat bahwa kesepakatan kelanjutan bailout Yunani tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Rapat negosiasi mengenai persyaratan dan kelanjutan bailout bisa berlanjut pada minggu mendatang.

Kesepakatan bailout Yunani tahap ke-2 akan berakhir pada tanggal 28 Februari 2015. Setelah tanggal ini, bila Yunani belum mendapatkan kesepakatan, Yunani akan kesulitan untuk mendapatkan pembiayaan baru untuk menjalankan pemerintahan. Kreditor-kreditor Yunani juga was-was dengan tidak adanya kesepakatan bailout Yunani karena kemungkinan besar Yunani tidak bisa membayar hutang-hutangnya.

Di samping masalah Yunani, hari ini ada beberapa market mover lainnya seperti laporan keadaan inflasi Inggris oleh Bank Sentral Inggris (BoE). Dalam laporan ini akan dijelaskan prospek inflasi ke depan dan mungkin dihubungkan dengan kebijakan moneter bank sentral selanjutnya. BoE bisa menunda kenaikan suku bunga karena inflasi menurun. Ini akan mendorong pelemahan nilai tukar poundsterling.

Dari AS akan dirilis data Klaim Tunjangan Pengangguran dan Penjualan Ritel. Data Klaim Tunjangan Pengangguran yang dirilis setiap minggu, kali ini masih diprediksi di bawah kisaran 300 ribu klaim yang masih menggambarkan pasar tenaga kerja yang solid. Sementara data Penjualan Ritel untuk bulan Januari diprediksi terjadi penurunan 0,4% dibandingkan bulan sebelumnya. Penurunan ini bisa dikaitkan dengan musim dingin yang ekstrem yang terjadi di AS pada bulan tersebut. Pelemahan data ekonomi AS akan sedikit menekan nilai tukar dollar AS.

Hari ini beberapa laporan penghasilan dari perusahaan yang terdaftar di bursa saham AS akan dirilis. Laporan dari Credit Suisse Group AG akan dirilis sebelum pasar saham AS dibuka, sementara laporan dari American International Group (AIG) dan CBS akan dirilis setelah pasar saham AS ditutup.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini: http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar