Sabtu, 18 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Pemerintahan AS Terancam Tidak Bisa Beroperasi

Senin, 30 September 2013 10:14 WIB
Dibaca 338

Monexnews - Amerika Serikat sekali lagi menghadapi penutupan operasional pemerintahan akibat belum tercapainya kesepakatan kenaikan batas atas utang antara Partai Demokrat dan Partai Republik. Ancaman penutupan operasional bisa terjadi besok bila kesepakatan belum juga tercapai. Penutupan pemerintahan ini bisa berdampak pada pelemahan pertumbuhan AS dan juga menutup peluang pemangkasan/tapering bank sentral AS. Isu ini masih akan membayangi pasar hingga kesepakatan tercapai.

Ancaman penutupan operasional pemerintahan AS ini memberikan tekanan bagi nilai tukar dollar AS dan mendorong penguatan harga emas karena sebagian pelaku pasar mencari aset aman. Harga minyak mentah WTI AS pun turun dalam karena kekhawatiran penurunan permintaan akibat potensi pelemahan pertumbuhan ekonomi AS. Kekhawatiran terhadap isu batas atas utang AS ini juga menekan indeks saham regional karena pasar berhati-hati untuk masuk ke emerging market.

Pagi ini telah dirilis data survei aktivitas manufaktur China dari HSBC. Dan hasilnya lebih rendah dari ekspektasi pasar, 50,2 vs 51,2, namun masih di atas level ekspansi 50. Data ini kelihatannya tidak banyak berdampak ke pasar saham regional karena isu batas atas utang masih menjadi isu sentral di samping beberapa pasar akan libur besok seperti Hong Kong tanggal 1 Oktober dan Kospi tanggal 3 Oktober.

Siang hari data penjualan ritel Jerman bisa menjadi market movers. Data ini diproyeksikan bertumbuh 0,9% lebih bagus dari data bulan sebelumnya yang turun 1,4%. Dilanjutkan dengan data CPI (inflasi) zona euro yang diperkirakan masih tetap 1,3%. Hasil yang di atas perkiraan bisa menguatkan nilai tukar euro. Sementara malam hari, pasar akan disuguhkan oleh data Chicago PMI (data aktivitas bisnis di wilayah Chicago) dengan perkiraan masih berekspansi.

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar