Rabu, 22 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Penantian Keputusan Tapering

Rabu, 18 Desember 2013 10:34 WIB
Dibaca 450

Monexnews - Data inflasi AS year on year yang dirilis semalam mengalami kenaikan sedikit dibandingkan data sebelumnya, 1,2% versus 1,00%. Kenaikan ini sempat membuat dollar AS menguat. Namun kalau kita melihat target inflasi Bank Sentral AS (Fed), angka 1,20% ini masih jauh dari target 2,00%.  Dan ini yang menekan kembali dollar AS.

Para pelaku pasar kelihatannya masih belum menentukan arah. Pasar masih menunggu keputusan penting Fed yang akan disampaikan dinihari nanti (pukul 2.00 WIB) dan disusul konferensi pers Ben Bernanke setengah jam kemudian.

Ekspektasi di pasar masih fifty-fifty terkait keputusan tapering atau no tapering. Sikap pasar yang terbelah ini yang menyebabkan harga bergerak sideways, naik turun tanpa arah yang jelas.

Efek pertama dari keputusan tapering mungkin akan berakibat penguatan dollar AS terhadap mata uang utama dunia, indeks saham berguguran dan harga komoditas merosot. Dan bila Fed membuka kemungkinan kelanjutan tapering di tahun depan, tekanan turun akan semakin besar.

Sementara bila tapering tidak dilakukan, kelegaan akan berhembus ke pasar dan rally-rally di indeks saham, harga komoditas dan mata uang dunia lainnya mungkin akan terjadi. Namun tetap diwaspadai keinginan tapering Fed tahun 2014 yang bisa membuat rally menjadi terbatas.

Selain isu tapering, pada sore hari, beberapa data dari kawasan Eropa akan menjadi market mover bagi pergerakan indeks saham dan mata uang kawasan Eropa. Yang perlu diperhatikan adalah data iklim bisnis Jerman yang disurvei Ifo, hasil voting rapat bank sentral Inggris, data tenaga kerja Inggris dan data penjualan ritel Inggris. Data ijin membangun bangunan AS juga mungkin bisa menjadi market mover, meski dibayangi oleh isu tapering.

Kalender Ekonomi minggu ini bisa dilihat di sini  http://www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar