Kamis, 23 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Penguatan Dollar AS Menekan Harga Emas

Jumat, 24 Juli 2015 9:28 WIB
Dibaca 204

Monexnews - Indeks dollar AS pagi ini kembali menunjukkan penguatan dengan bergerak di atas area 97.20, padahal sebelumnya indeks sempat tertekan di kisaran 96.90.

Penguatan dollar AS ini didukung oleh data Klaim Tunjangan Pengangguran Mingguan AS semalam yang dirilis 255 ribu yang terendah selama 4 dekade. Bagusnya data tenaga kerja ini bisa mendukung ekspektasi kenaikan tingkat suku bunga acuan Bank Sentral AS tahun ini.

Penguatan dollar ini memberikan tekanan turun ke harga emas pagi ini. Harga emas membentuk level terendah baru di kisaran $1077.36/ons. Selain karena penguatan dollar, data PMI Manufaktur China bulan Juni yang di bawah prediksi dan di area kontraksi 48,2 vs ekspektasi 49,8, juga menekan harga emas China. China dipandang sebagai konsumen terbesar emas. Oleh karena itu, pelambatan ekonomi China akan menekan harga emas.

Pagi ini juga telah dirilis data Neraca Perdagangan Selandia Baru bulan Juni yang dirilis defisit 60 juta dollar. Angka ini di bawah ekspektasi yang mengharapkan surplus $100 juta sehingga data ini memberikan tekanan turun pada dollar New Zealand.

Sore ini, beberapa market mover yang perlu diperhatikan adalah data-data PMI Manufaktur dan sektor jasa kawasan Eropa. Data-data masih diproyeksikan positif dan ini bisa memberikan dukungan bagi penguatan euro. Sebelumnya, euro telah mendapatkan sentimen positif dari prospek negosiasi bailout Yunani.

Sementara dari pasar AS, data Penjualan Rumah Baru bulan Juni akan dirilis. Data diperkirakan terjadi penjualan sebesar 543 ribu rumah. Hasil yang positif bisa mendukung penguatan dollar AS.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini: http://www.monexnews.com/calendar/homeCalendar.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar