Sabtu, 18 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Penguatan Dollar Karena Buruknya Data Ekonomi Eropa

Kamis, 14 Agustus 2014 10:41 WIB
Dibaca 236

Monexnews -Indeks dollar AS masih terjaga penguatannya setelah data-data ekonomi dari Eropa dan Inggris masih membuka keberadaan kebijakan moneter yang lebih longgar. Data Produksi Industri Zona Euro Bulan Juni mengalami penurunan sebesar 0,3% dibandingkan bulan sebelumnya. Padahal data ini diekspektasikan pasar mengalami kenaikan 0,5%. Sementara itu, Bank Sentral Inggris (BoE) dalam laporan inflasinya mengisyaratkan kondisi suku bunga acuan masih akan bertahan di level rendah untuk sementara waktu. Isyarat ini juga didukung oleh data Indeks Rata-rata Pendapatan Bulan Juni yang  mengalami penurunan -0,2% dibandingkan data sebelumnya.

Anggapan bahwa Bank Sentral AS masih akan mempertahankan suku bunga acuan di level rendah untuk sementara waktu mulai membayangi pasar karena data Penjualan Ritel AS Bulan Juli yang dirilis semalam tidak mengalami perubahan dibandingkan bulan sebelumnya. Pasar berekspektasi bahwa data penjualan ritel akan mengalami kenaikan sebesar 0,2%. Anggapan ini ikut membantu penguatan bursa saham AS semalam. Sentimen positif dari bursa saham AS ini ikut membantu penguatan beberapa indeks saham Asia pagi ini.

Sore ini dari pasar Eropa, beberapa data GDP kuarta ke-2 akan dirilis, di antaranya dari Jerman, Perancis, dan Zona Euro sendiri. Data GDP yang di bawah ekspektasi dari Zona Euro ini bisa memperkuat eksptektasi kebijakan pelonggaran moneter di kalangan pelaku pasar sehingga bisa menekan nilai tukar euro. Selain data GDP, pasar juga akan menunggu Buletin dari Bank Sentral Eropa (ECB) yang berisi data-data ekonomi yang dihimpun oleh ECB beserta analisa kondisi ekonomi.

Malam hari, dari AS akan dirilis data Klaim Tunjangan Pengangguran Mingguan. Angka di bawah 300 ribu klaim bisa mendorong penguatan dollar AS.

Dari bursa saham AS akan dirilis laporan pendapatan dari Applied Materials dan Walmart.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar