Rabu, 22 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Penguatan Dollar Terhenti, Fokus Pada Data ADP

Rabu, 1 April 2015 10:42 WIB
Dibaca 124

Monexnews - Dollar untuk sementara menghentikan penguatan, indeks dollar terhadap mata uang utama terpantau melemah 0,3%. Fokus hari ini pada data tenaga kerja AS yang akan dirilis Automatic Data Processing Inc. (ADP), yang biasanya dijadikan acuan untuk data tenaga kerja yang akan dirilis pemerintah AS pada hari Jumat. ADP diperkirakan melaporkan sektor swasta AS menambah tenaga kerja sebanyak 227.000 di bulan Maret lebih banyak dari bulan sebelumnya 212.000 tenaga kerja. Rilis data yang lebih baik dari perkiraan dapat membuat spekulasi kenaikan suku bunga di bulan Juni akan semakin meningkat yang akan kembali menguatkan dollar.

Nilai tukar aussie menguat terhadap dollar setelah data menunjukkan penurunan ijin membangun di Australia lebih baik dari perkiraan. Serta indeks aktivitas manufaktur China yang kembali menunjukkan ekspansi. Ekspansi tersebut juga menopang penguatan bursa saham China dan Hong Kong, sementara bursa utama Asia lainnya berada di zona merah. Indeks Nikkei tertekan oleh data survei tankan yang tidak menunjukkan perubahan, sementara indeks Kospi Korea Selatan melemah akibat penurunan aktivitas manufaktur serta ekspor maupun impor negara tersebut.

Melemahnya mayoritas bursa Asia hari ini, serta bursa Eropa dan AS pada perdagangan Selasa kemarin ditambah terhentinya penguatan dollar membuat emas menguat. Sementara minyak masih melemah meski pembahasan program nuklir Iran yang berpotensi menekan minyak lebih lanjut jika terjadi kesepakatan telah melewati dead line. Data persediaan dari Energy Information Administration AS malam ini akan menjadi fokus untuk pergerakan minyak selanjutnya, sebelumnya American Petroleum Institute pada hari Selasa waktu AS melaporkan persediaan minyak AS naik 5,2 juta barel.

Data aktivitas manufaktur lainnya yang akan dirilis hari ini antara lain dari Spanyol, Italia, Inggris dan AS. Aktivitas manufaktur Inggris diperkirakan naik menjadi 54,5 di bulan Maret, dari sebelumnya 54,1. Rilis data yang lebih tinggi dari perkiraan dapat menopang penguatan nilai tukar pound sterling, sebelum rilis data dari AS. Sebaliknya data aktivitas manufaktur AS diperkirakan turun menjadi 52,5 dari sebelumnya 52,9.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini: http://www.monexnews.com/calendar/homeCalendar.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Putu Agus)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar