Kamis, 23 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Perhatian Tertuju Pada Data Penjualan Ritel AS

Senin, 15 Juli 2013 9:40 WIB
Dibaca 187

Monexnews - Pagi ini data GDP China untuk kuartal ke-2 sesuai dengan perkiraan pasar sebesar 7,5% memberikan sentimen positif bagi pasar terutama bursa saham Asia dan dollar Australia. Namun data ini masih di bawah pertumbuhan GDP China untuk kuartal pertama yang sebesar 7,7%.

Meski GDP China kuartal ke-2 in isesuai dengan ekspektasi pasar, China masih dibayangi oleh pelambatan ekonomi. Data produksi industri untuk bulan Juni tercatat mengalami kenaikan 8,9% namun di bawah perkiraan pasar dan data bulan Mei yakni sebesar 9,1% dan 9,2%. Oleh karena itu, data GDP China yang sesuai ekspektasi ini harus ditanggapi hati-hati oleh Pasar mengingat banyak faktor yang masih memperlihatkan potensi pelambatan di China.

Malam ini dari AS, kita akan melihat lebih jauh mengenai kesehatan ekonominya. Data penjualan ritel dan data indeks manufaktur New York akan menjadi fokus pasar. Seperti yang kita ketahui, ekonomi AS amat bergantung pada aktivitas ekonomi domestiknya, sebesar 70%. Data penjualan ritel ini bisa menggambarkan kesehatan ekonomi AS. Perkiraan pasar malam ini, penjualan ritel AS m/m akan tumbuh 0,7%, lebih baik dari bulan sebelumnya 0,6%.

Sementara survei aktivitas manufaktur di New York diperkirakan menjadi 5,2, lebih rendah dari indeks bulan sebelumnya 7,8. Industri manufaktur merupakan salah satu industri yang menyerap banyak tenaga kerja AS. Bila manufaktur bagus maka kondisi tenaga kerja AS kemungkinan akan bagus juga.

Bagusnya kesehatan ekonomi AS masih akan dikaitkan dengan potensi pengurangan stimulus moneter AS dalam waktu dekat sehingga membaiknya data ekonomi AS bisa menguatkan dollar. Akan tetapi, membaiknya data ekonomi AS bisa juga mendorong kenaikan indeks-indeks saham AS.

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar