Rabu, 18 Oktober 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Risk Appetite Masuk, Safe Haven Melemah

Kamis, 12 September 2013 11:33 WIB
Dibaca 266

Monexnews - Indeks dollar AS masih didorong pelemahan. Data tenaga kerja Inggris yang membaik kemarin mendorong sentimen positif di pasar keuangan Eropa. Keraguan tapering juga masih menjadi salah satu faktor penekan indeks dollar AS.  

Indeks saham Eropa dan AS terlihat bergairah kembali dan menguat selama beberapa hari terakhir. Ini mengindikasikan risk appetite kembali masuk di pasar keuangan dan aset aman seperti emas, dan mata uang yang dianggap safe haven seperti dollar dan yen ditinggalkan kembali. Kembalinya pelaku pasar ke indeks saham AS dan Eropa mungkin karena melihat data-data ekonomi di kedua kawasan mulai membaik dan stabil.

Pagi ini data pesanan mesin-mesin Jepang yang di bawah prediksi pasar membuat Nikkei sedikit tertekan sementara USDJPY kembali turun di bawah level 100. Pasar masih menantikan keputusan kebijakan kenaikan pajak penghasilan Jepang di awal bulan Oktober.

Data tenaga kerja Australia yang buruk pagi ini memberikan tekanan turun bagi AUDUSD dari level 0.9350 ke level 0.9250. Dollar Aussie masih sensitif terhadap perkembangan data-data ekonomi Australia terkait dengan isu pemangkasan suku bunga kembali oleh bank sentralnya.

Sore hari, pasar akan menantikan buletin bank sentral Eropa (ECB) yang berisikan pandangan ECB mengenai perkembangan ekonomi zona euro, penjelasan bank sentral Inggris mengenai kondisi inflasi Inggris dan data produksi industri zona euro. GBPUSD dan EURUSD saat ini masih bergerak menguat, namun bila data-data tersebut mengindikasikan pelemahan data, kedua pasangan mata uang ini bisa terkoreksi kembali.

Sementara malam harinya, pasar akan menantikan data klaim tunjangan pengangguran mingguan AS. Bila data ini masih bertahan di bawah kisaran 330 ribu klaim, pasar akan menanggapi positif dan dollar AS bisa menguat kembali. Dan sebaliknya bila data ini kembali menyentuh 340 ribu, dollar AS akan mengalami tekanan.

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar