Jumat, 24 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Risk Sentiment Bayangi Pergerakan Pasar Hari Ini

Jumat, 19 Desember 2014 10:20 WIB
Dibaca 170

Monexnews - Sentimen minat terhadap resiko (risk sentiment) kembali masuk ke pasar keuangan. Ini terlihat dari penguatan indeks-indeks saham global seperti indeks saham AS, Eropa dan Asia pagi ini. Para pelaku pasar tampaknya merespon sikap Bank Sentral AS (Fed) yang tidak terburu-buru menaikan tingkat suku bunga tahun depan.

Sementara indeks dollar AS masih menguat di kisaran 89. Penguatan ini didukung oleh data Klaim Tunjangan Pengangguran AS yang dirilis lebih bagus dari ekspektasi pasar semalam. Selain itu penguatan dollar AS juga didukung oleh perbedaan outlook kebijakan moneter dengan bank sentral negara maju lainnya.

Pagi ini pasar masih menunggu sikap Bank Sentral Jepang (BOJ) terkait kebijakan moneternya ke depan. BOJ masih mendukung kebijakan moneter yang longgar untuk membantu pemulihan ekonomi dan mengangkat tingkat inflasi Jepang. Kemungkinan BOJ tidak melakukan perubahan kebijakan karena beberapa bulan lalu telah meningkatkan stimulus moneter Jepang.

Sore hari, pasar akan menantikan data survei iklim bisnis Jerman bulan Desember yang diperkirakan masih berada di kisaran 8,9, tidak jauh dari hasil survei sebelumnya 8,7. Hasil yang lebih positif dibandingkan proyeksi akan memberikan angin segar untuk euro dan indeks saham Eropa.

Sementara Inggris akan merilis data Public Sector Net Borrowing yang akan menunjukkan besaran defisit anggaran sektor publik. Angka yang semakin positif menunjukkan defisit anggaran yang melebar yang mungkin digunakan untuk belanja. Semakin besar belanja sektor publik akan membantu perekonomian lokal sehingga data yang lebih positif dari ekspektasi bisa membantu penguatan nilai tukar poundsterling dan indeks saham Inggris.

Malam hari, tidak ada data ekonomi penting dari AS yang dirilis. Pasar akan disuguhkan data-data ekonomi Kanada seperti indeks harga konsumen (CPI) untuk bulan November dan penjualan ritel untuk bulan Oktober. Kedua data diekspektasikan menunjukkan penurunan dibandingkan bulan sebelumnya. Penurunan kedua data ini bisa mendorong pelemahan nilai tukar dollar Kanada terhadap dollar AS.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini: http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)


Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar