Kamis, 23 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Rusia Redakan Ketegangan, Data Ekonomi AS Ditunggu Pasar

Jumat, 15 Agustus 2014 10:12 WIB
Dibaca 236

Monexnews - Indeks dollar AS masih bertahan menguat kemarin di tengah rilisan data-data ekonomi kawasan Eropa yang di bawah ekspektasi pasar. Indeks dollar masih bertahan di kisaran 81.60. Data GDP Zona Euro, Jerman dan Perancis dirilis di bawah ekspektasi pasar. Bahkan data GDP Jerman dirilis minus.

Walaupun data Eropa memburuk namun indeks saham FTSE dan DAX ditutup menguat. Ini disebabkan oleh meredanya ketegangan konflik di kawasan Ukraina setelah Presiden Rusia memberikan pernyataan untuk menghentikan konflik dengan segera dan menghindari perang. Indeks saham Wallstreet juga ditutup menguat. Meredanya ketegangan ini juga membantu menurunkan harga minyak mentah WTI ke kisaran $95 per barel. Harga minyak mentah WTI sudah bergerak turun sejak munculnya berita bahwa beberapa kilang minyak yang dikuasai pemberontak di Libya telah dibuka sehingga mendorong kenaikan suplai minyak mentah global.

Pagi ini pergerakan instrumen di pasar keuangan bergerak agak mendatar karena tidak adanya data-data ekonomi yang dirilis pagi ini. Indeks Kospi libur, sementara indeks Hangseng dan Nikkei masih tidak banyak bergerak.

Sore hari pasar telah menunggu data GDP kuartal ke-2 perkiraan ke-2 dari Inggris. Karena ini perkiraan ke-2, mungkin tidak ada yang terlalu mengejutkan dari data ini. Tapi bila hasilnya di bawah rilisan data GDP perkiraan pertama, 0,8%,  nilai tukar GBP berpotensi melemah kembali. Dan sebaliknya bila hasilnya malah di atas rilisan data yang pertama, GBP berpeluang menguat.

Dari AS akan dirilis data Indeks Harga Produsen, Indeks aktivitas manufaktur New York dan Survei Sentimen Konsumen. Ketiga data ini bisa menjadi market mover bagi dollar AS di akhir pekan di tengah minimnya data-data ekonomi yang dirilis hari ini. Dollar AS masih dibayangi oleh sikap Bank Sentral AS yang memberikan indikasi mempertahankan suku bunga rendah pasca selesainya program stimulus.

Dari Kanada akan dirilis data Penjualan Hasil Manufaktur bulan Juni yang bisa menggambarkan aktivitas manufaktur di negara ini. Data diperkirakan mengalami kenaikan sebesar 0,5% dibandingkan bulan sebelumnya. Data ini bisa menjadi market mover untuk dollar Kanada.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar