Jumat, 24 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Sentimen Penguatan Dollar Bayangi Pergerakan Pasar Hari Ini

Selasa, 2 September 2014 10:10 WIB
Dibaca 239

Monexnews - Indeks Dollar AS masih mencatatkan kenaikan dan membentuk level tertinggi baru 2014 di pagi ini di 82.88. Penguatan dollar AS ini kemungkinan karena ekspektasi pasar terhadap pelonggaran moneter lanjutan yang akan dilakukan Bank Sentral Eropa (ECB) pekan ini. Di samping itu, kebijakan moneter Bank Sentral AS (Fed) yang berpotensi mengetat, berbeda dengan kebijakan moneter bank sentral negara G7 lainnya yang masih menerapkan kebijakan moneter yang longgar, juga menjadi pemicu penguatan dollar AS.

Data PMI manufaktur Italia, Spanyol dan Inggris yang dirilis sore kemarin juga mendukung penguatan dollar AS karena hasilnya di bawah perkiraan pasar.

Pagi ini telah dirilis data Current Account kuartal ke-2 Australia yang mengalami pelebaran defisit dibandingkan kuartal sebelumnya, -13,7 miliar dollar vs -7,8 miliar dollar. Ini defisit yang terbesar Australia sejak kuartal ke-4 2012. Hasil ini menjadi pemicu pelemahan nilai tukar dollar Australia pagi ini. Pasar masih menantikan hasil rapat kebijakan moneter Bank Sentral Australia (RBA) menjelang siang ini. Sejalan dengan dollar Aussie, dollar New Zealand juga tertekan turun karena penurunan harga komoditas.
 
Indeks saham Asia di awal sesi perdagangan bergerak beragam. Indeks Nikkei menguat seiring dengan pelemahan yen Jepang dimana USDJPY kini mencapai kisaran 104.77, level tertinggi sejak Januari 2014. Sementara Hang Seng dan Kospi melemah karena dipicu oleh faktor yang berbeda. Hang Seng koreksi tajam menyusul koreksi yang terjadi pada saham-saham perbankannya karena pesimisme terhadap prospek perekonomian China. Kospi tertekan karena laporan tingkat inflasi yang turun di bulan Agustus dari bulan sebelumnya, 1,4% vs 1,6%.

Pada sesi pasar Eropa, sore hari, akan dirilis data Perubahan Jumlah Pengangguran Spanyol dan PMI Konstruksi Inggris. Data-data ini bisa menghambat sentimen negatif pada nilai tukar euro dan poundsterling bila hasilnya lebih bagus dari proyeksi pasar.

Pada sesi pasar AS, malam hari, akan dirilis data PMI Manufaktur AS. Pasar menantikan data ini untuk mencari petunjuk soal kesehatan ekonomi AS. Data yang lebih bagus dari proyeksi akan mengkonfirmasi penguatan dollar AS.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini:http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar