Senin, 23 Oktober 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Sentimen Positif dari Kenaikan Harga Minyak Mentah dan Proposal Hutang Yunani

Selasa, 3 Februari 2015 10:25 WIB
Dibaca 172

Monexnews - Lonjakan harga minyak mentah WTI menjadi kejutan pasar kemarin. Harga minyak mentah mencapai kisaran $50 per barel pagi ini. Kenaikan harga minyak mentah ini tidak diiringi oleh perubahan fundamental minyak mentah. Para trader minyak mentah berspekulasi untuk mengambil keuntungan dari posisi jual mereka karena harga minyak mentah WTI telah dalam tren penurunan selama 7 bulan.

Lonjakan harga minyak mentah ini mendorong kenaikan indeks saham AS dan Eropa serta nilai tukar dollar Kanada dimana Kanada adalah salah satu negara pengekspor minyak mentah terbesar dunia.

Selain itu, berita mengenai akan adanya kesepakatan hutang Yunani baru memberikan sentimen positif ke pasar keuangan. Menteri Keuangan Yunani yang baru mengatakan bahwa Yunani tidak akan menghapusbukukan hutangnya tapi akan menukarnya dengan obligasi baru. Pernyataan ini melegakan para kreditornya. Nilai tukar mata uang Eropa mendapat dukungan penguatan dari berita ini, demikian pula indeks sahamnya.

Pagi ini pasar menunggu hasil rapat moneter Bank Sentral Australia (RBA) dimana sebagian besar analis memperkirakan RBA akan mempertahankan kebijakan moneternya. Tapi di pasar muncul spekulasi kemungkinan pemangkasan suku bunga acuan RBA pada rapat moneter kali ini. Pemangkasan atau sinyal pemangkasan akan mendorong pelemahan nilai tukar dollar Australia. (Update: RBA memangkas suku bunga acuan 25 basis poin menjadi 2,25%, nilai tukar dollar Australia tertekan turun)

Sore hari, Inggris akan merilis data indeks aktivitas konstruksi untuk bulan Januari. Data diperkirakan masih dalam area pertumbuhan dengan angka indeks 56,9. Data yang lebih bagus dari proyeksi bisa mendorong penguatan nilai tukar poundsterling.

Sementara AS akan merilis data Pesanan Pabrik bulan Desember. Data diperkirakan mengalami penurunan 1,8% dibandingkan bulan sebelumnya. Hasil yang negatif ini bisa menekan nilai tukar dollar AS.

Dari bursa saham AS akan dirilis beberapa laporan penghasilan dari BP, United Parcel Service (UPS) dan Walt Disney. BP dan UPS akan dirilis sebelum bursa saham AS dibuka, sementara Walt Disney akan dirilis setelah bursa saham AS ditutup.


Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini: http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar