Senin, 23 Oktober 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Sentimen Risk Appetite Hampiri Pasar Keuangan di Akhir Pekan

Jumat, 21 November 2014 9:56 WIB
Dibaca 225

Monexnews -Reli Indeks Dollar AS tertahan kemarin dengan masuknya sentimen minat terhadap resiko di pasar keuangan. Bursa saham AS dan Eropa terlihat menguat semalam, demikian pula harga-harga komoditi melonjak seperti harga minyak mentah WTI dan emas. Namun Indeks Dollar AS masih mendapatkan dukungan dari data-data ekonomi AS yang lebih bagus dari prediksi dan data-data ekonomi Zona Euro yang lebih buruk dari proyeksi. Data ekonomi AS seperti Indeks Harga Produsen (CPI), Penjualan Rumah Second, dan Indeks Manufaktur Bank Sentral AS Philadelphia dirilis lebih bagus dari proyeksi semalam. Sementara sore kemarin, data ekonomi Zona Euro yaitu indeks aktivitas manufaktur dan sektor jasa dirilis lebih buruk dari prediksi pasar.

Sore ini market mover mungkin datang dari pidato Mario Draghi, Presiden Bank Sentral Eropa (ECB), dalam Kongres Perbankan Eropa di Frankfurt. Pasar akan menunggu sinyal dari Draghi soal kebijakan moneter selanjutnya. Pada beberapa kesempatan, Draghi menegaskan komitmennya untuk mengangkat tingkat inflasi Zona Euro mendekati level target 2% dengan menggunakan kebijakan pelonggaran moneter. Komitmen kebijakan pelonggaran moneter ini yang memberikan tekanan turun pada nilai tukar euro belakangan ini. Selain Draghi, Jens Weidmann, Gubernur Bank Sentral Jerman yang juga anggota Dewan Gubernur ECB yang berpengaruh, akan menyampaikan pidatonya pada kesempatan yang sama. Pidato Weidmann ini juga bisa menggerakan euro.

Malam ini tidak ada data ekonomi penting dari AS. Namun pasar akan disuguhkan data ekonomi Indeks Harga Konsumen (CPI) Kanada yang bisa mempengaruhi pergerakan USDCAD. Pergerakan USDCAD belakangan ini sangat sensitif dengan pergerakan harga minyak mentah WTI. Pergerakan naik turunnya USDCAD berbanding terbalik dengan pergerakan naik turun harga minyak mentah WTI.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini: http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar