Kamis, 23 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Sentimen Suriah Mengemuka, Safe Haven Dicari

Rabu, 4 September 2013 11:19 WIB
Dibaca 259

Monexnews - Sentimen negatif kembali masuk ke pasar keuangan setelah Obama mendapatkan dukungan dari para pemimpin Kongres untuk melakukan aksi militer terbatas terhadap Suriah karena penggunaan senjata kimia ke pihak sipil. Sentimen ini menjatuhkan harga aset-aset beresiko dan menguatkan harga aset-aset aman termasuk emas. Harga minyak mentah pun terkerek naik. Dukungan dari para pemimpin Kongres ini bertentangan dengan survei pendapat masyarakat AS yang menentang rencana aksi ini. Obama masih memerlukan dukungan penuh dari mayoritas anggota Kongres.

Di samping isu Suriah yang membayangi pergerakan pasar hari ini, isu tapering/pengurangan stimulus juga masih menjadi market movers. Dollar AS terlihat menguat sebelum hasil rapat kebijakan bank sentral AS diumumkan pada 19 Sepetember nanti. Data ekonomi AS yang akan dirilis malam ini yaitu data neraca perdagangan. Defisit diproyeksikan membesar menjadi 38,6 milyar dollar lebih besar dari data bulan sebelumnya 34,2 milyar dollar. Bila data yang dirilis nanti defisitnya lebih kecil dari perkiraan, dollar AS bisa mendapatkan dukungan penguatan.

Dari kawasan Eropa, Spanyol, Italia dan Inggris akan merilis data PMI sektor jasa (indeks aktivitas sektor jasa) dimana di negara-negara maju, sektor jasa ini memberikan sumbangan cukup signifikan bagi GDP negara. Bagusnya indeks ini bisa memberikan support bagi nilai tukar mata uang kawasan ini.

Sementara pagi tadi, dollar Australia mendapatkan sentimen positif dari data GDP kuartal keduanya yang lebih bagus dari kuartal sebelumnya, 0,6% vs 0,5%. Sentimen positif lainnya datang sehari sebelumnya saat bank sentral Australia menahan suku bunga dan sebagian besar analis memandang bank sentral masih enggan memangkas suku bunga lagi.

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar