Selasa, 21 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Sentimen Tapering Menguat Kembali Berkat GDP AS Yang Bagus

Jumat, 30 Agustus 2013 11:25 WIB
Dibaca 208

Monexnews - Data GDP AS kuartal ke-2 yang mengalami revisi naik dari 1,7% menjadi 2,5% dan klaim tunjangan pengangguran AS yang masih di bawah rata-rata, memberikan sentimen positif bagi dollar AS karena bagusnya kedua data tersebut membuka kembali kemungkinan bank sentral AS akan mengurangi stimulus (tapering) pada bulan September ini.

Pagi tadi telah dirilis data dari Jepang yang menunjukkan inflasi sesuai dengan perkiraan, aktivitas manufaktur naik dan tingkat pengangguran turun. Ini merupakan data ekonomi Jepang yang positif. Namun demikian tanpa kebijakan stimulus lanjutan bank sentral dan pasar masih menantikan keputusan pemerintah Jepang untuk menaikan pajak penjualan membuat yen masih bergerak flat dan Nikkei tertekan.

Sore ini banyak data dari kawasan Eropa yang akan dirilis. Terutama yang akan diperhatikan pasar adalah data inflasi dan tingkat pengangguran zona euro yang bisa mempengaruhi kekuatan nilai tukar euro dan sentimen pasar terhadap perekonomian zona euro.

Malam harinya, AS akan merilis data Core PCE Index, Personal Spending, aktivitas bisnis di Chicago dan revisi survei sentimen konsumen. Meskipun data-data tersebut tidak ada yang high impact, namun mungkin saja data-data ini bisa menjadi market movers bila hasilnya melebihi atau jauh di bawah ekspektasi pasar.

Pergerakan dollar AS juga kemungkinan akan diwarnai oleh isu Suriah dimana PBB pada hari Sabtu ini telah menyelesaikan laporannya mengenai kecurigaan penggunaan senjata kimia oleh militer Suriah dan hari libur pasar AS pada hari Senin depan dalam rangka memperingati hari buruh. Bisa saja dollar AS semakin menguat seiring dengan keinginan pelaku pasar untuk keluar dari pasar menanggapi kedua event di atas.

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar