Jumat, 24 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Sentimen Yunani Dan China Menekan Aset Beresiko

Rabu, 8 Juli 2015 10:37 WIB
Dibaca 174

Monexnews - Indeks dollar masih menguat, masih berada di atas kisaran 96.00. Sentimen Yunani dan ditambah dengan China memberikan tekanan pada instrumen beresiko (risk asset) termasuk indeks saham, harga komoditi dan nilai tukar mata uang ber-yield tinggi.

Prospek Yunani masih belum jelas. Tapi Zona Euro masih menginginkan Yunani tetap bergabung dalam komunitasnya. Pemerintah Yunani diminta mengajukan proposal hutang baru pekan depan.

Sementara China masih dirundung oleh pelemahan indeks sahamnya yang tajam yang mendorong ketidakyakinan para pelaku pasar atau investor terhadap ekonomi China.

Hari ini dijadwalkan adanya rapat eurogroup. Pasar menantikan pernyataan seputar masalah Yunani yang bisa menjadi market mover. Selain itu, Inggris akan merilis Anggaran Belanja Tahunan-nya. Pasar ingin melihat seberapa besar anggaran belanja yang bisa berdampak pada perekonomian Inggris.

Untuk pasar minyak mentah, para pelaku pasar akan fokus pada data stok minyak mentah Amerika Serikat dari EIA (Badan Informasi Energi AS). Stok untuk pekan lalu diperkirakan turun sebesar 0,6 juta barel. Selasa kemarin, API (Asosiasi Industri Minyak AS) mengumumkan penurunan stok minyak mentah sebesar 0,9 juta barel. Suplai yang turun bisa mendorong penguatan harga minyak.

Dan dinihari nanti, pasar akan fokus pada notulen atau minute rapat moneter Bank Sentral AS. Para pelaku pasar akan mencari indikasi kenaikan suku bunga acuan AS dan berapa kali kenaikan akan dilakukan tahun ini. Bila masih ada indikasi kenaikan dan apalagi ada potensi kenaikan dilakukan lebih dari sekali, dollar AS bisa menguat lagi.

Hari ini ada laporan pendapatan (earnings) dari Alcoa yang akan dirilis setelah bursa saham AS ditutup.


Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini: http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar