Selasa, 21 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Shutdown Segera Berakhir

Selasa, 15 Oktober 2013 10:43 WIB
Dibaca 328

Monexnews - Kesepakatan debt ceiling kian dekat. Pihak Republikan dan Demokrat dikabarkan telah membuat draft kesepakatan yang akan menaikan batas atas utang yang bisa menutupi keperluan utang negara hingga pertengahan Februari 2014. Draft ini juga akan membiayai operasional pemerintah federal hingga pertengahan Januari 2014. Draft kesepakatan ini memang temporer yang cukup untuk menghindari status default pekan ini.

Draft ini akan diajukan ke House of Representatives (DPR) AS untuk dimintakan persetujuan dan dikhawatirkan akan alot karena banyak pihak Republikan yang konservatif yang menduduki kursi di DPR ini. Kesepakatan yang mungkin bisa tercapai sebelum deadline ini memberikan sentimen positif ke pasar keuangan malam tadi hingga hari ini. Aset-aset beresiko pun menguat kembali.

Pagi ini telah dirilis notulen rapat kebijakan moneter bank sentral Australia (RBA). Dalam notulen tersebut dinyatakan bahwa bank sentral masih membuka kemungkianan pemangkasan suku bunga lanjutan. Namun bank sentral juga memberikan sinyal bahwa pemangkasan tidak akan dilakukan dalam waktu dekat karena kebijakan stimulus lainnya telah dijalankan. Hasil notulen ini cukup positif bagi penguatan dollar Australia.

Market mover lainnya hari ini adalah data inflasi Inggris seperti data CPI dan PPI Input. Data inflasi yang lebih tinggi dari prediksi akan menguatkan kembali poundsterling. Sementara dari zona euro akan dirilis data survei sentimen ekonomi Jerman dari ZEW. Data ini memperlihatkan pandangan para investor dan analis terhadap kondisi ekonomi Jerman ke depannya. Hasil yang lebih bagus dari prediksi bisa menguatkan kembali nilai tukar euro. Zona euro juga masih mengadakan pertemuan para menteri keuangan yang akan membahas mengenai situasi ekonomi dan keuangan zona euro.

Malam harinya dari AS mungkin akan merilis data indeks manufaktur kawasan New York. Ini merupakan sedikit informasi yang mungkin bisa menjadi market mover bagi dollar AS. Seperti kita ketahui sebagian besar data ekonomi yang dirilis oleh pemerintah federal AS tidak  diumumkan selama periode shutdown. Presiden Federal Reserve cabang New York, William Dudley, akan berbicara mengenai kebijakan moneter non konvensional dan indepedensi bank sentral di sebuah konferensi. Bila Dudley membicarakan mengenai potensi tapering, pasar akan bereaksi terhadap hal tersebut.

Data ekonomi hari ini dapat dilihat di: http://www.monexnews.com/economic-calendar/hari-ini.htm

 (Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar