Jumat, 24 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Yunani Runtuhkan Instrumen Beresiko

Senin, 29 Juni 2015 10:44 WIB
Dibaca 215

Monexnews - Sentimen negatif menaungi instrumen beresiko seperti indeks saham, minyak mentah dan nilai tukar ber-yield tinggi. Sentimen negatif tersebut dibawa oleh proposal Yunani yang tidak diterima oleh para kreditur-nya dan pemerintah Yunani yang menolak membayar hutangnya kepada Dana Moneter Internasional (IMF) di akhir bulan Juni ini. Yunani terancam default.

Hari Selasa besok (30 Juni), para petinggi Zona Euro dan Bank Sentral Eropa akan mengadakan rapat untuk membahas kelanjutan bailout Yunani dan mungkin respon dari eurogroup terhadap tindakan Yunani yang tidak membayar hutang di akhir Juni ini. Selain itu, pasar juga akan menantikan referendum yang diadakan oleh pemerintah Yunani untuk meminta persetujuan rakyat Yunani mengenai pembayaran hutang ke IMF. Referendum ini akan diadakan tanggal 5 Juli (Minggu).

Sementara hari Sabtu kemarin, Bank Sentral China (PBoC) telah memangkas tingkat suku bunga pinjaman acuan sebesar 25 basis poin menjadi 4,85%. PBoC juga memangkas tingkat suku bunga deposito acuan sebesar 25 basis poin menjadi 2,00% dan giro wajib minimum untuk bank tertentu sebesar 50 basis poin. Kebijakan ini merupakan kebijakan stimulus yang harusnya bisa mendorong penguatan indeks saham dan komoditi  tapi hal tersebut tidak terjadi karena kuatnya sentimen negatif dari Yunani.

Data lain yang bisa menjadi market mover hari ini adalah data CPI (Indeks Harga Konsumen) Jerman dan Penjualan Rumah Tertunda AS.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini: http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar