Selasa, 21 November 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Yunani Tunda Komitmen, NFP Jadi Fokus

Jumat, 5 Juni 2015 10:24 WIB
Dibaca 137

Monexnews - Berita mengenai Yunani akan melakukan penundaan pembayaran hutang ke Dana Moneter Internasional (IMF) hari ini (5 Juni) mendorong kekhawatiran dan memberikan sentimen negatif di pasar keuangan global. Indeks saham global tertekan turun, demikian pula nilai tukar euro.

Hari ini perhatian pasar akan fokus pada data Non-farm Payrolls AS versi pemerintah. Data tenaga kerja ini biasanya menjadi market mover besar di pasar keuangan karena terkait dengan potensi kenaikan suku bunga acuan AS. Data diperkirakan terjadi penambahan tenaga kerja di bulan Mei sebesar 222 ribu. Proyeksi ini hampir sama dengan data bulan sebelumnya. Angka yang berada di atas 200 ribu berpotensi memberikan sentimen positif mengenai kesehatan ekonomi AS.

Selain data NFP, data Average Hourly Earnings (rata-rata pendapatan per jam) bulan Mei juga menjadi perhatian pasar. Data ini berkaitan dengan potensi inflasi. Bila rata-rata pendapatan meninggi, inflasi berpotensi naik dan sebaliknya. Kenaikan tingkat inflasi AS membuka peluang kenaikan suku bunga acuan AS.

Hasil rapat OPEC juga akan menjadi fokus pasar. Rapat yang berlangsung di Wina, Austria ini akan mengeluarkan keputusan terkait produksi minyak para anggota OPEC. Pasar menduga tidak akan ada keputusan pembatasan atau pemangkasan produksi yang akan menekan kembali harga minyak mentah. Namun pasar akan tetap mewaspadai komentar lengkap dari petinggi OPEC.

Jadwal rilis data ekonomi selengkapnya bisa dibaca di sini: http:/www.monexnews.com/economic-calendar/minggu-ini.htm dan Daily Report kami http://www.monexnews.com/monex-daily.htm

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar