Senin, 23 Oktober 2017

market-movers  Market Movers

Market Movers: Pasar Menunggu Non-Farm Payrolls

Jumat, 5 Juli 2013 10:09 WIB
Dibaca 487

Monexnews - Hari Jumat ini (5 Juli), Pasar akan menantikan data ekonomi penting dari Amerika Serikat, Non-Farm Payrolls dan tingkat pengangguran yang akan dirilis pukul 19.30 WIB. Mengapa pasar memandang data-data tenaga kerja AS ini penting? Karena data-data ini merupakan data acuan yang dipakai oleh Federal Reserve untuk merencanakan kebijakan moneter AS selanjutnya. Belakangan ini, Fed mengumbar peluang pengurangan stimulus pada akhir tahun dengan catatan bila data-data ekonomi sudah pulih seperti perkiraan bank sentral. Data-data tenaga kerja yang membaik tentu akan memperbesar peluang pengurangan tersebut.

Bagaimana pengaruhnya bagi pasar keuangan? Dollar AS bisa menguat kembali karena data-data tenaga kerja AS yang membaik dan efek sentimen pengurangan stimulus bisa negatif bagi pasar saham dan komoditas karena adanya potensi turunnya likuiditas pasar.

Hari ini juga dipengaruhi oleh sentimen pelonggaran moneter yang masih akan dipertahankan oleh Bank Sentral Eropa, Inggris dan Australia. Hal ini tentunya bisa menekan nilai tukar mata uang masing-masing.

Dari Eropa akan dirilis data pesanan pabrik Jerman dengan perkiraan pasar yang lebih bagus dari data sebelumnya (1,3% Vs -2,3%) pukul 17.00 WIB. Bila hasil akhirnya sesuai atau lebih tinggi dari prediksi tentunya akan kembali mengangkat nilai euro dan pasar saham Jerman, DAX.

Swiss juga akan melaporkan data CPI-nya pukul 14.15 WIB. Seperti yang kita ketahui CPI ini adalah data inflasi. Bila data ini lebih bagus dari perkiraan, maka bisa menjadi support bagi penguatan franc Swiss.

(Ariston Tjendra)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar