Senin, 25 September 2017

market-outlook  Market Outlook

5 Hal Yang Perlu Dicermati Pada Rilis Fed Minutes

Rabu, 19 November 2014 22:28 WIB
Dibaca 1069

Monexnews -

Ketika pejabat bank sentral AS melakukan pertemuan yang membahas arah kebijakan moneter pada 28-29 Oktober lalu, komite FOMC memutuskan untuk mengakhiri program pembelian obligasi.

Selanjutnya dalam beberapa bulan mendatang FOMC akan memutuskan kapan The Fed mulai menaikkan suku bunga acuan yang bertahan dekat level nol persen sudah sejak Desember 2008. Oleh sebab itu para pelaku pasar akan mencari petunjuk terkait timing kenaikan suku bunga The Fed pada minutes FOMC yang dirilis nanti malam.

Beberapa analis memprediksi kenaikan suku bunga pertama bank sentral AS akan mulai dilakukan secara bertahap pada pertengahan semester kedua tahun depan. Proyeksi ini berdasarkan pernyataan yang keluar dari FOMC sebelumnya bahwa tingkat inflasi masih dibawah target 2 persen meskipun kondisi pasar tenaga kerja mulai membaik. Maka minutes FOMC terbaru seharusnya dapat memberikan lebih banyak detail yang dapat mengindikasikan perubahan penilaian kondisi ekonomi maupun inflasi AS.

Faktor lainnya yang perlu dicermati pada Fed minutes adalah terkait keputusan penghentikan stimulus QE, apakah Fed Kocherlakota hanya sendirian menentang berakhirnya QE atau diikuti oleh pejabat The Fed lainnya.

Selain itu FOMC pada bulan Oktober lalu juga kemungkinan akan memperhatikan kondisi pelemahan ekonomi global, terutama setelah Jepang jatuh ke jurang resesi sementara tingkat pertumbuhan masih ekonomi zona Euro juga masih rapuh. Pada rapat FOMC bulan September lalu, pejabat The Fed tampak masih mengkhawatirkan efek pelemahan ekonomi global serta faktor penguatan Dollar, ditambah lagi kekhawatiran Gubernur Fed Yellen terhadap gejolak volatility pasar uang ketika The Fed mulai menaikkan suku bunga acuan.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar