Senin, 24 Juli 2017

market-outlook  Market Outlook

Akankah EURUSD Berbalik Reli Paska Keputusan ECB?

Kamis, 22 Januari 2015 18:33 WIB
Dibaca 3733

Monexnews -

Pergerakan forex market relative sempit menjelang keputusan rapat moneter ECB nanti malam, dimana EURUSD cenderung menguat sepanjang sesi Eropa stabil diatas level psikologis 1.1600.

Penguatan EURUSD sendiri dipicu oleh rumor yang beredar kemarin bahwa ECB akan mengumumkan stimulus sebesar 50 milyar Euro per bulan hingga tahun 2016, dimana skala stimulus ini berada di range terbawah dari harapan para investor.

Aspek kunci dari program ini adalah mekanisme actual dari program QE ECB, apakah ECB akan menjadi pembeli obligasi utama atau mendelegasikan tanggung jawab pembelian obligasi pada setiap bank sentral member zona Euro? Selain itu para investor juga akan mencermati bagaimana sistem pembagian pembayaran interest, mengingat adanya perbedaan yield obligasi pada masing-masing negara member di Eropa.

Selain itu yang paling penting adalah bagaimana mekanisme implementasi program QE tersebut dapat bekerja dengan baik untuk menyalurkan likuiditas untuk diserap perekonomian zona Euro yang rapuh.

Fungsi dari stimulus QE sendiri adalah untuk mendongkrak peminjaman, namun kondisi deflasi saat ini biasanya menghambat permintaan untuk peminjaman dari korporat. Oleh sebab itu Mr. Draghi juga kemungkinan akan menggunakan instrument pasar ABS juga dan mungkin menawarkan stimulus pada sektor SME dimana secara keseluruhan akan tetap merangsang pertumbuhan ekonomi.

Akan cukup menarik melihat reaksi market ketika detail program QE mulai diumumkan, proposal Mr. Draghi yang meyakinkan untuk perubahan arah kebijakan berpotensi mengangkat optimisme ekonomi di zona Euro kemudian EURUSD berpotensi reli pada akhirnya tembus diatas 1.1700.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar