Minggu, 24 September 2017

market-outlook  Market Outlook

Aksi Bank Sentral Ancam Prospek Investasi Turki

Rabu, 29 Januari 2014 12:23 WIB
Dibaca 924

Monexnews - Keputusan Bank Sentral Turki untuk menaikkan suku bunga secara drastis rawan berdampak buruk terhadap aset-aset keuangannya. Bukannya memperkuat nilai tukar, sikap otoritas justru dapat mengancam stabilitas pasar. 

Pendapat tersebut dilontarkan oleh Trader Senior di Mitsubishi UFJ Trust and Banking, Toshihiko Sakai. Menurutnya, kenaikan suku bunga dalam kisaran besar dapat memicu aksi jual di tiga komponen finansial yaitu saham, obligasi dan mata uang Turki. Apabila hal ini terjadi, maka guncangan lebih besar bisa melanda pasar valuta secara keseluruhan.

Skenario tersebut kerap terjadi di negara-negara yang bermasalah dengan defisit neraca transaksi berjalannya. Investor menjadi enggan mengoleksi aset dari negara dengan keseimbangan neraca kurang bagus karena defisit cenderung akan mengikis kekuatan ekonomi negara bersangkutan di masa depan. Ketakutan inilah yang berujung pada peralihan modal dari dalam negeri ke luar negeri, dimulai dengan penurunan volume investasi asing di pasar saham. "Kita harus mencermati kondisi pasar keuangan Turki, setidaknya untuk satu pekan ke depan," ujar Sakai. Seperti diketahui, Turkish Central Bank kemarin mengerek suku bunga acuan dari 7.75% menjadi 12% guna melindungi nilai tukar valuta.

Aksi jual mata uang negara emerging memang melanda pasar forex sejak pekan lalu. Selain Peso Argentina dan Rupee India, valuta Lira Turki merupakan salah satu aset yang terpukul oleh optimisme ekonomi di negara maju. Bukan itu saja, maraknya budaya korupsi juga membuat mata uang Turki kehilangan daya tarik di mata investor.

Dalam satu bulan terakhir, Lira Turki merosot ke rekor terendah terhadap US Dollar dan anjlok tajam terhadap Euro. Harga saham di negara itu juga melemah drastis pasca terungkapnya berbagai kasus korupsi di sektor kelembagaan pemerintah. 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar