Kamis, 23 Maret 2017

market-outlook  Market Outlook

Awan Negatif Akan Selimuti Asia Pekan Ini

Senin, 4 Agustus 2014 13:12 WIB
Dibaca 820

Monexnews -

Pekan ini kalangan investor Asia nampak akan berhati-hati dalam pengambilan posisi mereka di pasar setelah dikecewakan oleh data fundamental Amerika Serikat (AS) yang kurang memuaskan di akhir pekan lalu.

Hasil laporan tenaga kerja AS (Non-farm Payrolls) menunjukkan ekonomi AS hanya mampu menyerap tenaga kerja sebesar 209.000 pada bulan Juli lalu. Angka itu menurun di bawah estimasi sebesar 230.000, dan jauh di bawah total bulan sebelumnya sebesar 298.000.

Sedangkan tingkat pengangguran naik menjadi 6,2% dari sebelumnya 6,1%. Namun demikian, angka tenaga kerja tersebut masih di atas batasan relevansi 200 ribu yang cukup memberikan peluang Bank Sentral AS untuk menaikan suku bunga acuannya.

Sentimen lain yang juga akan membebani pasar Asia pekan ini adalah kekhawatiran terhadap masalah kredit macet perbankan di negara Portugal menyusul bailout yang diberikan oleh bank sentral Portugal kepada bank terbesar di negara itu - Banco Espirito Santo.

Selain itu, masalah default Argentina dan terus menerusnya ketegangan di Timur Tengah termasuk pergolakan di Ukraina juga turut akan membayangi sentimen investor pekan ini. Bagi investor, sejumlah katalis negatif tersebut kemungkinan akan cukup sulit untuk diantisipasi sehingga sebagian dari mereka dikhawatirkan akan mengalihkan investasinya ke instrumen lain yang lebih aman.

Dan di tengah kecemasan sentimen tersebut, pasar masih akan mendapat agenda penting dari Jepang dan China sebagai fokus perhatian mereka. Data current account Jepang untuk bulan Juni sedianya akan tayang hari Rabu. Sedangkan Bank Sentral Jepang (BOK) akan mengumumkan hasil kebijakannya termasuk keputusan suku bunga pada hari Jumat. Sementara laporan neraca perdagangan China juga akan rilis hari Jumat termasuk data CPI dan PPI China yang akan di umumkan pada hari Sabtu (9/8).        

 

 

(DaruWibisono)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar