Sabtu, 27 Mei 2017

market-outlook  Market Outlook

BoJ Meeting Pekan Depan Potensial Berikan Kejutan

Jumat, 29 Maret 2013 18:58 WIB
Dibaca 687

Monexnews -

Bank of Japan (BoJ) akan mengadakan rapat kebijakan moneter pertama nya dibawah kepemimpinan Haruhiko Kuroda pada pekan depan (3 – 4 April), dimana kejutan market mungkin akan terpicu oleh stimulus moneter yang lebih besar dari estimasi sebelumnya.

Berdasarkan hasil penjajakan berbagai pelaku pasar maupun ekonom, akan ada ekspansi program stimulus sebesar ¥10 trilyun berupa pembelian obligasi pemerintah pada tenor yang lebih panjang, diatas 10 tahun (Rinban Program) untuk mengelola likuiditas sistem perbankan.

Spekulasi lainnya adalah BoJ akan mempercepat implementasi program pembelian aset secara terbuka (open ended purchase) lebih awal / dalam waktu dekat. Faktor penting lainnya adalah seberapa besar jumlah pembelian obligasi tersebut setiap bulannya, kejutan akan terjadi jika terdapat ekspansi program bond buying menjadi ¥15 – 20 trilyun atau lebih besar, dibarengi dengan panduan moneter untuk mempertahankan kebijakan suku bunga nol persen untuk mencapai target inflasi core CPI di 2 persen.

Bagaimanapun resiko terdapat skenario ini masih cukup besar, mengingat petinggi Jepang, termasuk PM Abe dan MenKeu Aso lebih berhati-hati dalam memberikan dukungan pelonggaran moneter secara agresif, selain itu terdapat kekhawatiran lain dari masyarakat Jepang sendiri terhadap efek pelemahan mata uang Yen Jepang terhadap kenaikan harga energi. Rekomen untuk wait & see pada rapat BoJ Kuroda pekan depan.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar