Minggu, 23 Juli 2017

market-outlook  Market Outlook

CEO PIMCO: Hati-hati dengan Penguatan Pasar!

Jumat, 1 Februari 2013 10:46 WIB
Dibaca 687

Monexnews - Pakar obligasi sekaligus pimpinan perusahaan Pimco, Bill Gross, menyatakan bahwa dirinya tidak ikut terhanyut dalam trend penguatan pasar saham saat ini. Sebaliknya, ia justru memperingatkan investor untuk mulai khawatir dengan ancaman inflasi dan iklim suku bunga rendah.

"Investor harus bersiap menerima imbal hasil (return) yang lebih rendah dari produk saham, surat hutang, properti dan aset derivatif," urai Gross dalam penelitian bulanannya yang diberi judul 'Credit Supernova!'. Untuk bisa survive, Gross menyarankan pelaku pasar untuk mulai mengoleksi obligasi pemerintah dengan durasi pendek atau emas dan investasi lain yang aman dari gejolak.

Berinvestasi di luar negeri juga bisa jadi pilihan yang ideal ketimbang terpaku di Amerika Serikat. "Beli mata uang dari negara dengan sistem kredit yang sehat," urainya lagi. Gross melihat valuta Australia, Brazil Meksiko dan Kanada sebagai pilihan yang jauh lebih aman dibanding Dollar, Yen atau Euro. Meski pasar saham terancam volatilitas besar, pakar investasi ini juga tidak merekomendasikan pemodal untuk benar-benar menguras habis kepemilikannya di saham. Namun ia menyarankan supaya pelaku pasar lebih cakap dalam memilih portofolio dengan menaruh modalnya di saham-saham global yang arus kasnya termasuk aman.

Gross sudah berulangkali memperingatkan investor tentang efek negatif dari program pembelian surat hutang oleh bank sentral Amerika dalam beberapa bulan ke depan. Baru pada tulisannya kali ini ia benar-benar memaparkan ketakutannya pada pembaca. Meski membantah indikasi bahwa sistem moneter global sudah berada dalam titik nadir, Gross menilai masyarakat dunia sedang mendekati fase di mana keuntungan aset investasi makin kecil namun risiko mendapatkannya semakin besar.

Bill Gross sendiri mengaku sudah mengantisipasi segala kemungkinan gejolak ekonomi dengan mengoleksi aset-aset yang lebih kuat. Ia ingin membeli lahan di daerah New Zealand sebagai alat pelindung kekayaan di tengah ketidakpastian ekonomi. "Tanah nilainya tidak pernah berkurang, tidak seperti aset lainnya," tutup Gross.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar