Senin, 23 Oktober 2017

market-outlook  Market Outlook

Cina Dapat Turunkan Suku Bunga Lagi

Senin, 24 November 2014 14:51 WIB
Dibaca 1096

Monexnews - Petinggi Cina dan bank sentral Cina siap untuk menurunkan suku bunga lagi dan melonggarkan kebijakan pinjaman akibat merebaknya kecemasan bahwa penurunan harga dapat memicu lonjakan gagal bayar perusahaan dan peningkatan pengangguran, menurut laporan Reuters. People's Bank of China (PBOC) secara mengejutkan telah memangkas suku bunga di akhir pekan silam untuk pertama kalinya dalam 2 tahun terakhir.  PBOC menurunkan suku bunga pinjaman dan deposito masing-masing menjadi 5,6% dan 2,75% demi mencegah berlanjutnya perlambatan ekonomi terbesar No.2 di dunia tersebut.

"Petinggi Cina telah merubah sikapnya. PBOC kini lebih terbuka untuk melakukan pemangkasan suku bunga dan juga giro wajib minimum (GWM) perbankan,"ujar nara sumber Reuters yang terlihat dalam diskusi kebijakan ekonomi Cina. PBOC memang telah menurunkan GWM secara selektif bagi sebagian perbankan tahun ini namun belum memangkas GWM bagi seluruh perbankan Cina sejak menempuh kebijakan tersebut di Mei 2012.

Mayoritas ekonom telah menyerukan agar Beijing mengambil tindakan lebih untuk mencegah berlanjutnya perlambatan ekonomi dan inflasi Cina. GDP Cina hanya tumbuh 7,3% di kuartal ketiga 2014 dan ini menimbulkan kekhawatiran akan tidak tercapainya target pertumbuhan ekonomi 7,5% untuk tahun 2014. Inflasi produsen telah turun hampir dalam 3 tahun terakhir sehingga membuat inflasi tetap rendah di bawah target inflasi PBOC 3,5%. (fr)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar