Kamis, 14 Desember 2017

market-outlook  Market Outlook

Citigroup: Saham Kategori Aman akan Jadi Pilihan di 2014

Jumat, 27 Desember 2013 11:15 WIB
Dibaca 1169

Monexnews - Volatilitas keuangan di tahun 2014 diperkirakan meningkat. Kondisi ini diyakini berpengaruh terhadap kebijakan portofolio investor sehingga aset lebih aman akan menjadi primadona baru.

Kepala Strategi Saham Citigroup, Tobias Levkovich, menyatakan bahwa saham kategori difensif seperti sektor utilities (pembangkit tenaga, perusahaan air, listrik dan sebagainya) bisa menjadi pilihan terbaik bagi pelaku pasar tahun depan. "Alasannya ada 3 yaitu valuasi harga yang atraktif, revisi naik pendapatan usaha dan siklus bisnis musiman," ujarnya kepada CNBC. Levkovich memberi contoh potensi return menarik dari saham-saham pengolahan minyak dan bahan bakar kimia. "Industri petrokimia menyokong 10% untuk penggunaan listrik di Amerika. Peningkatan konsumsi migas pada akhirnya juga akan meningkatkan harga saham perusahaan yang terlibat di dalamnya," tambah Levkovich.

Saham berbasis sumber daya dan hajat hidup orang banyak seperti pembangkit tenaga dan perusahaan air memang tidak memberikan keuntungan besar. Namun keberadaannya dalam portofolio dianggap penting karena nilainya relatif lebih kebal terhadap volatilitas harga di pasar. Menurut Levkovich, saham lain yang patut dilirik adalah perusahaan sektor industri seperti maskapai penerbangan. Sektor teknologi juga masih atraktif karena jumlah belanja modal perusahaan teknologi akan naik 13% dibandingkan pengeluaran tahun 2013. Sementara dari sektor pertambangan, perusahaan mining diprediksi masih mengalami periode sulit, namun untuk penyedia jasa pengeboran, prospeknya masih sangat bagus.

Citigroup memperkirakan jumlah pendapatan emiten di S&P 500 meningkat sekitar 7% tahun depan. "Saya rasa sulit untuk mencatat kenaikan sampai 10% atau 12% kecuali perekonomian global bangkit secara bersamaan," ujar Levkovich. Sementara di akhir tahun 2014 mendatang, indeks S&P 500 diprediksi berakhir di sekitar 1.900.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar