Minggu, 24 September 2017

market-outlook  Market Outlook

Dow Berpeluang Pertahankan Kinerja Cemerlang

Jumat, 8 Maret 2013 17:32 WIB
Dibaca 543

Monexnews - Indeks Dow Jones dinihari tadi kembali memperpanjang torehan rekornya berkat gain 0,2% untuk merapat ke level 14,329.49. Indeks bahkan sempat menjangkau level tertinggi harian di 14,354.69 di awal sesi. Performa cemerlang tersebut kemungkinan berlanjut apabila data tenaga kerja malam nanti memuaskan pelaku pasar.

Motor penggerak ketiga indeks Amerika semalam adalah rangkaian hasil data tenaga kerja yang muncul di atas ekspektasi plus sentimen tambahan dari laporan manufaktur. Jelang pembukaan sesi, Departemen Tenaga Kerja merilis laporan initial job claims yang imbasnya cukup positif kepada pasar modal. Klaim pengangguran pekan lalu turun sebanyak 340.000, lebih rendah dibanding revisi klaim satu pekan sebelumnya di 347.000 dan prediksi analis di 350.000. Laporan pertumbuhan tenaga kerja sektor swasta versi ADP juga lebih baik dibanding harapan sehingga menambah optimisme akan munculnya angka payrolls yang lebih besar pada rilis hari ini.

Ekonom yang disurvei oleh CNNMoney memperkirakan data non-farm payrolls keluar di angka 170.000 dalam laporan bulan Februari. Rasio pengangguran juga diharapkan surut jadi 7,8% sehingga nantinya bisa menumbuhkan optimisme terhadap masa depan ekonomi Amerika. Laporan payrolls diharapkan mampu menyempurnakan rapor data ekonomi yang selama beberapa pekan terakhir terpantau bagus.  

Bursa saham Eropa tampak optimis menyambut rilis laporan tenaga kerja Amerika. Sejak pembukaan tadi, indeks Eropa menguat berkat adanya sentimen utama dari data ekspor China yang muncul di atas ekspektasi. Membaiknya kinerja sektor perdagangan negeri tirai bambu memicu optimisme akan prospek ekonomi yang lebih baik di sisa tahun 2013.

Sementara itu bursa saham Asia ditutup mixed karena dipengaruhi beragam faktor. Shanghai composite melemah 0,2%, namun Hang Seng bertambah 1,4%. Nikkei menunjukkan keperkasaannya di akhir pekan dengan penguatan mencapai 2,6%, akibat terpengaruh oleh penurunan nilai tukar Yen. Di samping itu Bank of Japan baru saja mengeluarkan proyeksi positif terhadap prospek ekonomi nasional.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar