Selasa, 26 September 2017

market-outlook  Market Outlook

Dua Komoditas Logam Berlomba ke $2,000

Kamis, 31 Januari 2013 13:31 WIB
Dibaca 821

Monexnews - Pergerakan harga komoditas emas dan platinum cenderung identik dalam beberapa bulan terakhir. Hingga pekan ini keduanya bertengger di kisaran $1680 per ons. Banyak pihak menantikan, logam mana yang sukses menembus level impian $2,000 terlebih dahulu.

Kepada CNBC, mayoritas analis komoditas melihat kinerja emas tidak akan se-cemerlang platinum dalam beberapa waktu ke depan. Platinum diprediksi mampu menyambangi level $2,000 lebih dulu karena volume persediaannya tidak sebanyak emas. Ditambah dengan meningkatnya produksi mobil dunia di berbagai benua, yang diyakini makin menambah tingkat permintaan. Selain untuk perhiasan, platinum adalah bahan utama komponen catalytic converter kendaraan.

Kemacetan suplai mulai terjadi di wilayah produsen terbesar dunia, yaitu Afrika Selatan. Kenaikan upah karyawan dan biaya energi membuat marjin keuntungan pihak penambang semakin berkurang sehingga membuat beberapa proyek ditutup sementara waktu. Awal bulan ini, Anglo American Platinum mengumumkan penghentian operasional di empat lahan eksplorasi Rustenburg. Kebijakan produsen terbesar dunia itu memangkas jumlah produksi platinum tahunan sebanyak 400,000 ons atau setara 7% dari output global. Pasca laporan tersebut, harga platinum melonjak sampai $1,704 per ons sebelum akhirnya merayap ke $1,674.

"Platinum akan menuju ke $2,000 lebih dulu," urai Eugen Weiber, Kepala Riset Komoditas Commerzbank. Pun demikian, ia tidak melihat penguatan emas terhenti dan hanya menilai harganya hanya terhambat sementara waktu. Komoditas emas berjuang memecah level resistance kunci $1,800 dalam setahun terakhir namun sejauh ini cuma mampu menggapai $1,794 di bulan Oktober. "Sekarang permintaan safe haven belum cukup bagus dan inflasi masih cukup bersahabat," tambah Weinber. Aksi spekulatif juga berkurang jika dibandingkan dengan beberapa tahun silam.

Weinber memperkirakan tekanan inflasi lebih terlihat di semester II 2013. Pada saat itulah harga emas akan menguat dan bukan mustahil $2,000 di kuartal IV atau awal 2014.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar