Kamis, 25 Mei 2017

market-outlook  Market Outlook

Fokus Tetap ke Fundamental, Meski Pasar Asia Akan Sepi

Senin, 8 September 2014 13:17 WIB
Dibaca 1093

Monexnews -

Pekan ini aktivitas perdagangan di pasar Asia secara umum relatif akan sepi seiring tutupnya lantai bursa China, Korea Selatan dan Taiwan mulai hari Senin hingga Kamis berkenaan libur Mid-Autumn Festival.

Namun demikian, fokus investor tetap akan tertuju ke data-data ekonomi dari negeri China dan Jepang termasuk keputusan kebijakan dari Korea Selatan yang akan rilis sepanjang pekan ini.  

Setelah muncul data perdagangan yang cukup apik di awal pekan, pemerintah China kembali akan merilis data penting inflasi CPI dan PPI pada hari Kamis (11/9). Setelah itu menyusul data industrial output dan retail sales yang akan rilis di hari Sabtu (13/9).     

Sedangkan dari negeri samurai, data machinery orders Jepang bulan Juli dijadwalkan akan rilis hari Rabu dan diperkirakan akan melambat setelah mengalami lonjakan 8.8% di bulan Juni. Di awal pekan ini, pasar sempat kecewa dengan data GDP Jepang kuartal II (y/y) yang di revisi kian memburuk menjadi -7.1% dari estimasi pertama sebesar -6.8%.

Dan GDP Jepang kuartal II (m/m) juga ikut direvisi menjadi -1.8% dari estimasi awal -1.7%. Namun kekecewaan investor sedikit terobati setelah data current account Jepang bulan Juli (rilis hari Senin, 8/9), berubah kembali menjadi surplus 416.7 milyar yen, dari sebelumnya saat mengalami defisit sebesar 399.1 milyar yen sekaligus merupakan defisit kali pertama dalam 5 bulan terakhir.

Sementara otoritas moneter Korea Selatan (BOK) akan memutuskan kebijakannya di akhir pekan (Jumat, 12/9) dan untuk pertemuan kali ini diperkirakan tidak akan mengubah kebijakannya. Namun sehari sebelumnya (11/9), pasar Seoul akan mendapatkan petunjuk dari data money supply growth bulan Juli dan unemployment rate bulan Agustus.

Dan dari dalam negeri, bank sentral Indonesia (BI) juga turut akan merilis hasil rapat kebijakannya pada hari Kamis (11/9) termasuk data penjualan ritel domestik pada hari Selasa (9/9).         

 

 

(DaruWibisono)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar