Sabtu, 16 Desember 2017

market-outlook  Market Outlook

Imbas Koreksi Asia Akan Jangkiti Kospi

Kamis, 6 Juni 2013 12:40 WIB
Dibaca 400

Monexnews - Secara umum hari ini (Kamis, 6/6) bursa Asia mengalami koreksi seiring kian memuncaknya kekhawatiran pasar terhadap isu pengurangan program stimulus moneter oleh Federal Reserve AS (the Fed).

Dampak ketidakpastian isu tersebut langsung menyebar hingga pasar Asia hari ini, sehingga nampak mayoritas lantai bursa mengalami tekanan aksi jual. Tercatat indeks utama Nikkei dan Hang Seng terkoreksi hingga keduanya bergerak pada teritori negatif. Sementara mata uang yen hari ini mengalami rally hingga diperdagangkan pada kisaran harga 99.24 per dollar AS setelah menguat tajam hingga ke level 98.84 sebagai level low pada transaksi valas hari ini.

Sedangkan indeks KospiKorea Selatan hari ini tutup berkenaan libur nasional. Memang, indeks Kospi hari ini tidak sempat merasakan pukulan akibat tekanan aksi jual di pasar, namun demikian efek tersebut kemungkinan akan terasa ketika bursa Seoul kembali di buka normal pada hari Jumat besok.

Sementara kalangan investor dalam negeri kemungkinan masih akan di liputi oleh perasaan kecewa pasca rilis data tingkat inflasi bulan Mei yang merosot hingga ke level rendah dalam 14 tahun terakhir. Sehingga dampak dari data tersebut kemungkinan akan memicu aksi jual terutama pada saham-saham sektor peritel.

Angka pertumbuhan inflasi Korsel bulan Mei (CPI growth y/y), rilis 3 Juni lalu, tumbuh hanya 1% di banding bulan sebelumnya 1.2% dan di bawah ekspektasi pasar dan analis yang memperkirakan juga naik 1.2%. Sedangkan untuk angka inflasi month to month (CPI m/m), negeri gingseng tersebut tidak ada pertumbuhan sepanjang bulan Mei atau 0.0% dibanding bulan sebelumnya -0.1%. Sedangkan aktivitas manufaktur PMI Korsel bulan Mei hasil kalkulasi HSBC tercatat melambat ke level 51.1 dari bulan sebelumnya 52.6.

Namun demikian penurunan indeks yang tajam nampak akan terbatasi lantaran penguatan yen kemungkinan masih dapat men-support saham-saham eksportir lokal. Pada sesi perdagangan hari Rabu kemarin (5/6), indeks utama Kospi berakhir di tutup melemah 1.52% atau menurun -30.32 poin pada level 1959.19. Sedangkan indeks Kospi-fut juga berakhir dengan melemah -4.30 poin pada area 256.55.(dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar