Jumat, 26 Mei 2017

market-outlook  Market Outlook

Italia Makin Terdesak Menerima OMT ECB

Jumat, 29 Maret 2013 19:58 WIB
Dibaca 698

Monexnews -

Italia tampaknya ditengah ancaman resesi yang tak berujung. Laju GDP anjlok di Q4 untuk 6 kali berturut-turut, sehingga level produksi Italia jauh dibawah level pra-krisis.

Pada sektor produksi industri khususnya, masih lebih rendah secara signifikan dibanding tahun 2007, mencerminkan penutupan berbagai pabrik setiap bulannya sehingga memicu tingkat pengangguran dan kredit macet.

Permintaan domestik masih menjadi hambatan utama pada aktivitas ekonomi, karena kontribusi positif dari neraca perdagangan gagal mengimbangi kejatuhan laju konsumsi rumah tangga dan aktivitas investasi menuju Italia disebabkan oleh ketidakpastian pemilu di Italia yang makin memburuk.

Sebelum pemilu, petinggi zona Euro memprediksi bahwa Italia masih mampu menjaga perjanjian antara partnet Eropa untuk meraih struktur anggaran yang imbang ditunjang oleh disiplin fiskal yang diterapkan oleh Mario Monti. Namun, sekarang konsolidasi fiskal semakin tidak pasti karena kepastian koalisi Bersani dengan Berlusconi sangat kecil kemungkinan.

Di lain sisi, sektor manufaktur berpeluang terangkat oleh depresiasi mata uang Euro. Pasar keuangan dunia cukup tenang saat ini terhadap perkembangan Italia, sebagian besar disebabkan oleh solidnya sentimen risk appetite global. Melihat kedepan, jika pemerintah masih kesulitan membentuk koalisi dan mengimplementasikan berbagai program reformasi struktural pada akhirnya akan memberikan tekanan secara terakumulasi pada yield obligasi Italia serta berimbas juga ke kawasan zona Euro lainnya. Skenario yang tampak, Italia pada akhirnya harus menandatangani MoU dengan Troika dan mengikuti program bond-buying OMT (outright monetary transactions) dari ECB.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar