Sabtu, 22 Juli 2017

market-outlook  Market Outlook

Jepang & China Akan Curi Perhatian Pasar Pekan Ini

Senin, 17 November 2014 17:26 WIB
Dibaca 1024

Monexnews -

Pekan ini, fokus pelaku pasar kembali akan tersita ke data-data Jepang dan China termasuk rapat pertemuan bank sentral Jepang (BOJ) yang akan digelar pada hari Rabu guna membahas langkah-langkah kebijakan moneter berikutnya.

Pada pertemuan hari Rabu (19/11), BOJ diperkirakan kuat akan tetap mempertahankan kebijakan moneter menyusul data GDP kuartal III yang mengecewakan saat di rilis di awal pekan (17/11). Kini negara Jepang telah memasuki masa resesi karena angka pertumbuhan di kuartal III kembali berkontraksi sekaligus mencatat penurunan dalam 2 kuartal beruntun.

Sedangkan di hari Jumat, Jepang akan merilis data perdagangan bulan Oktober dimana angka eksport dan import akan mengalami kenaikkan, namun masih di bawah bulan sebelumnya. Meskipun demikian, defisit neraca perdagangan Jepang diperkirakan bakal kian membengkak di bandingkan bulan sebelumnya.

Alhasil, optimimsme pelaku pasar terhadap perekonomian Jepang nampaknya akan terkikis sehingga aksi jual temporer kemungkinan akan mewarnai bursa saham Jepang sepanjang pekan ini. Sedangkan sebagian investor yang keluar dari bursa saham Jepang kemungkinan akan mengambil langkah aman dengan membeli Yen Jepang.

Sementara setelah kecewa dengan data-data ekonomi China yang lemah sepanjang pekan lalu, investor di bursa Hang Seng kembali akan disuguhkan oleh data house price index China (Selasa, 18/11) dan data manufaktur PMI China-HSBC pada hari Kamis (20/11).

Indeks rerata harga rumah yang dikalkulasi China Index Academy (CIA), diperkirakan kembali menurun untuk bulan ke-6 beruntun akibat berlanjutnya penyusutan sektor tersebut. Sedangkan angka estimasi pertama untuk data manufaktur HSBC dikhawatirkan kembali menyusut di November setelah angka final di bulan sebelumnya tercatat 50.4.

Sementara data manufaktur PMI versi pemerintah sebelumnya juga tercatat di angka 50.8, dan merupakan angka terendah dalam 5 bulan terakhir. Selain data Jepang dan China, negeri gingseng Korea Selatan juga akan merilis data PPI growth bulan Oktober yang sedianya akan tayang pada hari Rabu (19/11).
(DaruWibisono)  

 

 

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar