Jumat, 20 Oktober 2017

market-outlook  Market Outlook

Kinerja Bursa Jepang Bergantung Nilai Tukar Yen

Rabu, 21 Mei 2014 13:35 WIB
Dibaca 749

Monexnews -

Kinerja bursa Jepang diprediksi akan terbatas sepanjang pekan ini akibat kuatnya nilai tukar yen yang diprediksi masih akan kokoh di bawah kisaran 102 versus dollar AS.

Hari ini (Rabu, 21/5), nilai tukar yen melanjutkan penguatannya hingga ke kisaran 101.10 terhadap dollar AS, setelah sesi Selasa kemarin sempat ke level 101.16. Dampaknya, aksi jual di lantai bursa oleh sebagian kalangan eksportir pun tak terelakkan.

Aksi jual di lantai bursa Tokyo turut meningkat setelah data neraca perdagangan Jepang tercatat masih defisit pada kisaran (-808.9) milyar yen di bulan April. Meskipun lebih kecil dibanding bulan sebelumnya (-1446) milar yen, angka itu meleset dari taksiran sebelumnya yang diprediksi akan muncul sebesar (-646) milyar yen.

Namun sentimen pasar sedikit terangkat oleh pernyataan yang bernada optimis dari Bank of Japan (BOJ) di akhir pertemuannya selama dua hari. BOJ kini merasa lebih yakin terhadap prospek ekonomi Jepang seiring adanya bukti bahwa roda perekonomian ternyata mampu menghadapi dampak dari kenaikan pajak penjualan tanpa adanya tambahan stimulus moneter.

Meski demikian BOJ tetap berjanji akan menaikkan monetary base (anggaran dasar) pada laju tahunan sebesar 60-70 trilyun yen yang kemungkinan akan di rilis bulan Juli mendatang.

Lagi pula dari sisi ekspor dan produktivitas negara, sektor ini juga tidak terlalu buruk seperti perkiraan sebelumnya. Tingkat eksport Jepang bulan April saja mengalami lonjakan hingga 5.1% dari bulan sebelumnya di angka 1.8%, dan di atas ekspektasi sebesar 4.8%.

Sebelumnya, data machinery orders Jepang yang rilis pada hari Senin (19/5) lalu juga naik signifikan di bulan Maret. Data machinery orders m/m tercatat melonjak 19.1% di bulan Maret dari bulan sebelumnya yang tercatat anjlok (-8.8%). Sedangkan machinery orders y/y tercatat naik 16.1% dari bulan sebelumnya 10.8%.  Alhasil, serangkaian data tersebut meneguhkan bahwa Jepang masih berada pada fase pertumbuhan yang berkesinambungan setidaknya hingga akhir tahun ini.   (dar)

 

 

 

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar