Kamis, 19 Januari 2017

market-outlook Market Outlook

Langkah Preventif Akan Batasi Laju Shanghai

Senin, 24 Februari 2014 13:11 WIB
Dibaca 619

Monexnews - Pekan ini pasar China daratan kembali akan dibayangi oleh kekhawatiran terhadap langkah preventif pemerintah dalam membendung lonjakan harga perumahan di negeri itu. Kecemasan tersebut mencuat setelah di awal pekan ini (24/02) otoritas Beijing merilis data rerata harga rumah tahunan yang masih relatif tinggi sepanjang bulan Januari lalu.

Data house price y/y China muncul di angka 9.6% dari periode sebelumnya di level 9.9%. Meskipun angka tersebut mengalami penurunan, namun level itu dirasakan masih tinggi sehingga menimbulkan kegelisahan di kalangan investor bahwa para petinggi China akan memperketat langkah kebijakan mereka dalam upaya meredam gejolak harga properti.

Kekhawatiran semakin meningkat di pasar properti setelah media lokal melaporkan bahwa pihak Industrial Bank China telah menghentikan memberikan pinjaman kepada sektor pengembang properti karena meningkatnya risiko. Kecemasan itulah yang akan memicu para investor kemungkinan akan melepas posisi saham-saham mereka yang berbasis properti maupun pengembang dan real-estate sepanjang pekan ini.

Sebelumnya investor sempat dibuat pesimis, setelah minggu lalu data aktivitas manufaktur PMI-HSBC bulan Februari kembali menunjukkan penyusutan tajam ke level 48.3 dari bulan sebelumnya 49.5. Secara umum indeks utama Shanghai kemungkinan masih akan sulit bertengger kuat lagi di atas level 2100 untuk pekan ini mengingat munculnya kembali pesimisme di kalangan investor akan membatasi pembelian portofolio mereka di bursa.

 

 

(Daru Wibisono)   

 

 

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar