Jumat, 28 Juli 2017

market-outlook  Market Outlook

Menkeu Chatib Optimis Dengan Prospek Rupiah

Selasa, 11 Maret 2014 15:11 WIB
Dibaca 692

Monexnews - Sepanjang sesi II di perdagangan hari Selasa (11/3) kinerja Rupiah kian impresif berkat akumulasi aliran dana asing yang masuk (capital inflow) ke dalam aset-aset pasar domestik beberapa pekan belakangan ini.

Penguatan nilai Rupiah menandakan bahwa fundamental ekonomi Indonesia dipandang investor global akan cenderung membaik. Memang tidak dipungkiri, selain tingkat inflasi yang terjaga stabil di Februari lalu, angka cadangan devisa RI (cadev) meningkat ke level $102 milyar di Februari dari bulan sebelumnya di angka $100.7 milyar.

Bahkan data yang rilis Senin kemarin (10/3) menunjukkan angka retail sales Indonesia naik 28.4% di Januari dari bulan sebelumnya yang telah di revisi menjadi 28.2%. Kalangan pelaku pasar menilai bahwa kurs Rupiah mampu memberikan performa terbaiknya kembali seiring membaiknya fundamental negeri ibu pertiwi. Hal ini juga tidak lepas dari upaya pemerintah bersama Bank Indonesia (BI) untuk tetap fokus dalam melakukan pengetatan fiskal dan moneter. Dimana langkah ini merupakan kewaspadaan dan cara agar perekonomian RI tetap stabil.

Bahkan Menteri Keuangan Chatib Basri juga optimis Rupiah bisa terus menguat asalkan pemerintah tetap melanjutkan reformasi struktural dari paket kebijakan ekonomi yang sudah dikeluarkan. Terutama untuk menjaga neraca perdagangan agar terhindar dari defisit setiap bulannya.

Bentuk reformasi struktural itu di antaranya adalah dengan mengurangi ketergantungan impor minyak, dan barang-barang tidak penting lainnya. Kemudian meningkatkan ekspor dengan nilai tambah, seperti barang-barang manufaktur.  Selain itu yang harus diperhatikan juga adalah, neraca pembayaran dan jasa. Sehingga secara keseluruhan dalam defisit transaksi berjalan atau CAD (current account deficit) dapat terus diperkecil.

Chatib pun menargetkan CAD sebesar 2,5% pada akhir tahun 2014, setelah di tahun 2013 lalu masih tinggi di angka 3,2%. Intinya neraca perdagangan harus diperbaiki dan Chatib yakin hal itu bisa lebih baik, menurut penuturan beliau di sela-sela kesibukannya pada hari Senin kemarin. Pada sesi II hari ini, Rupiah berhasil melesat hingga 11340 per dollar, sama seperti level terkuatnya pada sesi Senin kemarin. (dar)   

 

 

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar