Kamis, 23 Maret 2017

market-outlook  Market Outlook

Opsi bagi ECB, Mulai dari Suku Bunga Negatif hingga LTRO

Senin, 2 Juni 2014 13:40 WIB
Dibaca 1163

Monexnews - Bank Sentral Eropa (ECB) akan menggelar pertemuan bulanannya pekan ini. Beberapa skenario kebijakan mulai muncul ke permukaan, ada pihak yang menginginkan penurunan pungutan biaya bagi bank deposan hingga pemberlakuan LTRO dengan porsi dana lebih besar.

Pelaku ekonomi dan bisnis memiliki harapan yang besar terhadap hasil rapat dewan moneter ECB bulan Juni 2014. Pasalnya, Mario Draghi dalam kunjungannya di Portugal pekan lalu sudah menegaskan bahwa sektor perekonomian zona Euro harus secepatnya pulih dari keterpurukan. Statement itu disikapi beragam oleh publik, dan dianggap sebagai lampu hijau untuk kemunculan pelonggaran moneter.

Bank sentral memiliki beberapa opsi yang bisa diambil pekan ini, di antaranya memberlakukan suku bunga negatif bagi bank-bank yang menyimpan uang kepada mereka, meluncurkan program pembelian surat hutang dan menjalankan lagi long-term refinancing operations atau LTRO atau bahkan, tidak melakukan apapun. Meskipun kecil, masih ada pula peluang untuk berlakunya program stimulus quantitative easing ala Amerika Serikat.

Seperti diketahui, trend perlambatan ekonomi masih membayangi zona Euro pasca krisis hutang tiga tahun lalu. Bank sentral dan pemerintah masing-masing negara pengguna mata uang tunggal belum juga berhasil menjawab tantangan tersebut meski sudah menerapkan berbagai strategi moneter.

Dewan kebijakan sudah mendiskusikan wacana pemberlakuan bunga deposito negatif bagi bank-bank komersial sejak data inflasi zona Euro anjlok ke 0.5% pada bulan Maret lalu atau level terendahnya sejak bulan November 2009. Padahal bank sentral menargetkan inflasi ideal dekat angka 2% untuk jangka menengah. Lambatnya proses kenaikan harga sangat menghambat upaya percepatan ekonomi di sebagian besar negara.

Selain menuai respon beragam dari pelaku bisnis dan keuangan, bank sentral juga mendapat kritik dari pihak Dana Moneter Internasional (IMF). Lembaga kreditur ini memperingatkan iklim inflasi rendah rentan menggerus jumlah permintaan konsumsi dan menciptakan pengangguran baru. "Dibutuhkan strategi baru yang tidak biasa untuk memenuhi target inflasi ECB,' ujar Managing Director IMF, Christine Lagarde pada suatu kesempatan bulan lalu.

CNBC menggelar survei pembaca perihal apa kebijakan yang akan diambil oleh ECB dalam pertemuan pekan ini. Adapun opsi kebijakan yang tersedia yaitu pemberlakuan suku bunga negatif, program pembelian aset, LTRO dan tidak ada sama sekali. Sampai dengan siang ini, sebanyak 39% responden memperkirakan bank sentral akan memperkenalkan suku bunga negatif untuk bank-bank komersial. Sementara 28% narasumber meyakini Mario Draghi dan kolega masih menahan diri dengan tidak mengambil kebijakan apapun. Sementara jumlah pembaca yang memprediksi peluncuran asset purchase program mencapai 20% dan pemberlakuan LTRO hanya 13%.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar