Jumat, 25 Juli 2014

breaking-news Ekonomi Inggris tumbuh 0.8% di Q2 dari 0.8% pada kuartal sebelumnya, estimasi 0.8%

market-outlook Market Outlook

Pekan Ini Pasar Bakal di Padati Agenda Ekonomi

Senin, 10 September 2012 18:20 WIB
Dibaca 1180

Monexnews - Pekan ini akan menjadi pekan yang penuh dengan agenda penting yang sangat dinantikan pasar dunia.

Setelah pekan lalu instrumen beresiko mengalami reli panjang berkat meningkatnya ekspektasi atas kebijakan stimulus baru oleh Bank Sentral Eropa (ECB) dan Bank Sentral Amerika Serikat (the Fed AS), pekan ini akan menjadi pekan penentuan apakah ekspektasi tersebut akan menjadi kenyataan.

Berawal dari hari Rabu (12/09), pasar akan menantikan keputusan Mahkamah Konstitusi di Jerman mengenai aktivasi lembaga bailout permanen Eropa – ESM (European Stability Mechanism). Lembaga ini sebenarnya sudah direncanakan akan aktif pada bulan Juli lalu untuk menggantikan kerja lembaga sementara EFSF (European Financial Stability Facility), namun setiap negara memerlukan persetujuan parlemen.

Di Jerman, meski sudah disetujui parlemen, muncul gugatan untuk membatalkan keputusan tersebut ke Mahkamah Konstitusi Jerman. Dengan kekuatan modal sebesar 700 miliar euro, ESM diharapkan mampu membantu keuangan negara zona euro yang bermasalah.

Selanjutnya di hari Kamis (13/09) para pelaku pasar akan mendengarkan keputusan rapat moneter US Federal Reserve (the Fed) terkait isu kebijakan pelonggaran moneter. Ini yang paling dinantikan para pelaku pasar pada bulan September ini. Bila kebijakan pelonggaran moneter dirilis sebesar yang diharapkan, dollar akan kembali melemah dan instrumen beresiko diuntungkan. Di pihak lain ada yang memproyeksikan bahwa kebijakan QE tidak akan dirilis Fed hingga sesudah pemilu presiden November 2012.

Di akhir pekan, para pelaku pasar akan mengalihkan perhatiannya ke pertemuan ECOFIN untuk membahas solusi krisis Eropa selanjutnya. Informasi terakhir terkait perkembangan Yunani, pemerintah Yunani kesulitan mendapatkan persetujuan rencana pemangkasan anggaran 11,5 miliar euro seperti yang disyaratkan oleh Troika (IMF, ECB, Uni Eropa) dari parlemen. Hal ini akan menghambat Yunani untuk mencairkan bantuan tahapan bailout kedua sebesar 31 miliar euro yang dibutuhkan.(Dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Monthly

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar