Selasa, 12 Desember 2017

market-outlook  Market Outlook

Perkiraan Reaksi Market Pada Rilis Nonfarm Payrolls

Jumat, 3 Mei 2013 19:07 WIB
Dibaca 1223

Monexnews -

Fokus para investor akan tertuju pada laporan tenaga kerja AS hari Jumat yang diperkirakan hanya tumbuh 145,000 di bulan April, meski membaik dibanding angka bulan sebelumnya yang sangat lemah namun secara keseluruhan masih dibawah rata-rata triwulan pertama mengindikasikan laju pemulihan yang sangat lamban.

Berikut ini beberapa perkiraan yang dirilis oleh berbagai analis perbankan:

  • Bank of America 125,000
  • UBS 130,000
  • Deutsche Bank 140,000
  • Citigroup 140,000
  • JPMorgan 145,000
  • Goldman Sachs 150,000
  • Barclays 150,000
  • HSBC 170,000

Estimasi tersebut tampak di kisaran 120k s.d 150k, dibawah rata-rata pertumbuhan NFP sebesar 197,000 mengindikasikan bahwa pasar kerja AS masih jauh lebih lemah dibanding harapan FOMC, sehingga program QE berpotensi untuk berlanjut.

Reaksi market yang mungkin terjadi adalah seperti halnya dibulan lalu, jika data NFP mengecewakan maka kemungkinan akan terjadi tekanan jual yang signifikan di berbagai bursa saham akibat reaksi panik jual, namun pergerakan ini hanya bersifat sementara karena para pelaku pasar akan memperhitungkan faktor pelonggaran kebijakan moneter yang mungkin akan diperpanjang.

Sedangkan terhadap USD, akan terjadi reaksi negatif USD jika data meleset dibawah estimasi, dan USD berpotensi menguat jika terjadi penguatan diatas estimasi.

Untuk logam mulia, tema bearish seharusnya masih dominan khususnya pada Emas, seiring dengan kepemilikan emas ETF yang berlanjut mengalami penurunan ke level terendah dalam beberapa tahun terakhir. Oleh sebab itu jika tidak ada perubahan outlook kebijakan QE, maka tekanan jual Emas di jangka menengah kemungkinan berlanjut, bagaimanapun masih ada potensi terjadi reaksi positif sesaat di Emas paska dirilis nya data NFP.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar