Jumat, 21 Juli 2017

market-outlook  Market Outlook

Preview ECB Meeting Bulan April Mendatang

Jumat, 29 Maret 2013 17:36 WIB
Dibaca 531

Monexnews -

Rapat kebijakan moneter bank sentral Eropa (Euro Central Bank) pekan depan akan cukup menarik untuk dicermati.

Data-data ekonomi sejak Maret telah menunjukkan penurunan kondisi ekonomi zona Euro serta kemerosotan pendanaan di sektor swasta, namun ECB kemungkinan masih tidak merubah tingkat suku bunga pada rapat ECB minggu depan.

Dinamika makroekonomi EU cukup mixed, indeks PMI secara mengejutkan jatuh kebawah, dimana indeks komposit PMI melemah dari 47.9 di February menjadi 46.5 di bulan Maret, dan sentimen bisnis termasuk IFO Jerman dan INSEE Prancis masih relative stabil. Perkembangan ini mengindikasikan ECB belum merevisi outlook ekonomi dan bahkan mungkin akan tetap mempertahankan proyeksi seperti di bulan Maret lalu, yaitu pemulihan ekonomi akan mendapat momentum di akhir 2013.

ECB sejauh ini menjadi aktor politik dalam situasi krisis zona Euro, sehingga suatu rate cut akan menimbulkan efek pedang bermata dua. Oleh sebab itu pemangkasan bunga akan menimbulkan debat diantara anggota dewan ECB. Jika ECB memangkas suku bunga akan timbul perspesi bahwa ECB sedang melakukan upaya untuk membantu pemulihan ekonomi zona Euro, namun di satu sisi tindakan tersebut justru akan menimbulkan kontradiksi terhadap pandangan ECB bahwa reformasi secara struktural di Uni Eropa sangat krusial untuk mengembalikan pertumbuhan jangka panjang.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar