Rabu, 13 Desember 2017

market-outlook  Market Outlook

Prospek Pasar China Lesu Karena Minim Stimulus

Kamis, 18 Juli 2013 11:18 WIB
Dibaca 444

Monexnews - Performa pasar China daratan kemungkinan akan bertambah lesu terkait keengganan otoritas Beijing untuk tidak mengeluarkan kebijakan tambahan stimulus demi mendongkrak ekonominya meskipun menghadapi melambatnya pertumbuhan.

Data ekonomi China yang di rilis awal pekan lalu menunjukkan perekonomian China (GDP) tumbuh 7.5% (y/y) di kuartal II, turun dari level 7.7% di kuartal pertama dan 7.9% di kuartal 4 tahun 2012. Namun pemerintah mengatakan bahwa berlanjutnya tren perlambatan sudah sesuai dengan target pemerintah untuk setahun penuh.

Terkait melambatnya pertumbuhan, Perdana Menteri Li Keqiang menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi dan tenaga kerja di kisaran level saat ini secara umum masih dianggap wajar dan diterima. Dikatakan pula, pemerintah China sebenarnya bisa saja menyuntikkan likuiditas ke dalam perekonomian. Namun itu justru akan menambah beban inflasi dan menciptakan gelembung aset akibat lambannya permintaan hilir.

Lebih lanjut dikatakan bahwa pemerintah kini sedang mengelaborasi pada pengejaran restrukturisasi ekonomi dan reformasi keuangan yang akan mengurangi ketergantungan pada investasi negara dan mendongkrak konsumsi domestik sebagai penggerak pertumbuhan. Namun rencana itu di artikan sebuah ekspansi yang kurang pesat dalam waktu dekat.

Tapi setidaknya upaya tersebut mengindikasi akan diperketatnya pengawasan produk manajemen kekayaan dan menekankan stabilitas di pasar keuangan. Selain itu pihaknya juga akan melonggarkan kontrol terhadap suku bunga bank namun hanya secara bertahap. Pemerintah juga menyarankan adanya kontrol yang lebih ketat atas kredit ke sektor industri yang memiliki kelebihan kapasitas produksi.

(Daru Wibisono)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar