Jumat, 21 Juli 2017

market-outlook  Market Outlook

Proyeksi BoK Picu Pasar Korsel Lebih Optimis

Selasa, 16 Juli 2013 14:02 WIB
Dibaca 404

Monexnews - Sentimen investor di pasar Korea Selatan kemungkinan bakal lebih positif setelah Bank of Korea (BoK) pekan lalu kembali membiarkan suku bunga acuan tidak berubah dan menaikkan proyeksi pertumbuhan ekonominya untuk tahun 2013 ini.

Pada pertemuan itu BoK menegaskan pihaknya akan memfokuskan diri pada kebijakan moneter guna meningkatkan potensi pertumbuhan ekonomi. Bank sentral membiarkan suku bunga benchmark tetap di level 2.50% pada 11 Juli lalu dan merupakan keputusan unchanged di bulan ke dua nya beruntun setelah terakhir memangkas bunga di bulan Mei.

Dan BoK kini lebih optimis dengan outlook ekonomi domestik di bulan-bulan mendatang dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Sehingga dalam pertemuan itu, BoK menaikkan taksiran ekonominya menjadi 2.8% untuk tahun 2013 ini dari proyeksi sebelumnya sebesar 2.6%.

Selain itu, membaiknya sentimen politik turut akan menambah gairah investor untuk berminat mengoleksi sejumlah portofolio di bursa Seoul. Suhu geopolitik di semenanjung Korea berangsur menurun setelah pada medio Juli lalu di gelar pembicaraan antara Pyongyang dan Seoul. Dua negara ‘kembar’ tersebut akhirnya sepakat untuk membuka kembali komplek Industri Bersama - Kaesong yang sebelumnya di tutup sejak April lalu.

Namun BoK lebih lanjut mengingatkan, ketidakpastian terkait kemungkinan dipercepatnya reduksi stimulus AS dan melambatnya pertumbuhan ekonomi China serta implementasi atas konsolidasi fiskal di negara-negara besar, menjadi faktor penghambat bagi perekonomian Korsel untuk tumbuh. Dari dalam negeri, penguatan kurs won terhadap dollar turut akan membebani sentimen pasar khususnya bagi kalangan eksportir. Dampak dari apresiasi won membuat sektor tersebut mengalami tekanan dan menjadi kurang bersaing terhadap rivalnya ditengah berlanjutnya depresiasi valuta yen – Jepang.(dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar