Rabu, 24 Mei 2017

breaking-news Moody's turunkan peringkat kredit China, AUDUSD turun 20 pip ke 0.7453

market-outlook  Market Outlook

Sektor Finansial Diprediksi Memimpin Kenaikan Earnings

Jumat, 11 Januari 2013 10:40 WIB
Dibaca 580

Monexnews - Musim earnings atau laporan kinerja keuangan korporasi Amerika Serikat sudah di depan mata. Setelah sempat mencatat penurunan kinerja di triwulan III, emiten bursa diprediksi mampu memutarbalikkan kinerjanya di laporan keuangan terbaru masing-masing.

Lembaga peneliti FactSet research memperkirakan komponen indeks S&P 500 akan mencetak rata-rata kenaikan pendapatan 2.4% pada kuartal IV. Jika nantinya benar demikian, maka perusahaan-perusahaan besar Amerika mampu memulihkan diri dari penurunan earnings sebesar 1% yang diderita pada kuartal III sebelumnya. Angka pemasukan (revenue) juga diprediksi menguat 2.1% walaupun angka revenue aktual pada dua kuartal terakhir muncul sekitar satu poin persentase di bawah proyeksi awal.

Terlepas dari perhitungan positif FactSet, prediksi rasio pertumbuhan earnings kali ini jauh lebih rendah dibanding perkiraan analis di awal kuartal IV lalu, yaitu 9.2%. "Revenue adalah landasan bagi pertumbuhan laba, jadi sangat penting bagi pemasukan untuk tetap positif," urai John Butters, Senior Analis FactSet. Salah satu faktor yang melatarbelakangi kemungkinan munculnya laporan earnings di bawah ekspektasi adalah outlook bisnis yang lebih suram dari sekitar 70% perusahaan masuk bursa, terutama sektor teknologi. "Di dalamnya termasuk perusahaan termahal di dunia, Apple inc," pungkas Dan Greenhaus, Chif Global Strategist BTIG.

Khusus bagi Apple, beberapa institusi peneliti dan pengelola dana memprediksi bahwa perusahaan ini akan mencatat penurunan laba kuartalan untuk kali pertama dalam sembilan tahun terakhir di triwulan fiskal pertama. Baik FactSet, Thomson Reuters maupun S&P Capital meramalkan hal tersebut. Walau demikian, situs spesialis analisa earnings Estimize, meyakini laba Apple diyakini masih positif dengan pertumbuhan moderat 5%.

Sektor yang diprediksi membukukan laba solid pada musim earnings kali ini adalah finansial dan perbankan, dengan estimasi pertumbuhan earnings 15%. Kontribusi terbesar berasal dari pertumbuhan pinjaman perumahan di tengah iklim suku bunga yang sangat rendah. "Bank memiliki keuntungan di sektor kredit perumahan, yang kami perkirakan berlanjut hingga kuartal IV tahun ini," urai Butters lagi. Tidak hanya itu, bank-bank juga berlomba melakukan penghematan termasuk Citigroup, yang berencana memangkas 11.000 karyawannya guna mengurangi beban upah. Hal serupa juga akan dilakukan Morgan Stanley terhadap 6% dari total karyawannya di seluruh dunia. Adapun emiten perbankan yang pertama kali membuka tabir earnings-nya adalah Wells Fargo di hari Jumat ini. Apabila sektor finansial tidak dihitung, maka pertumbuhan laba komponen S&P 500 diperkirakan hanya sebesar 0.2%.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar