Minggu, 26 Maret 2017

market-outlook  Market Outlook

Skenario Pernyataan FOMC Yang Berpotensi Pengaruhi Dollar

Selasa, 29 Juli 2014 20:54 WIB
Dibaca 1093

Monexnews -

Seperti kita ketahui, Federal Reserve akan menetapkan keputusan suku bunga nya besok, beberapa skenario yang dapat diekspetasikan terjadi pada pernyataan FOMC besok antara lain:

  1. Tapering $10 milyar

Pada minutes FOMC bulan lalu, komite bank sentral masih merencanakan untuk melanjutkan reduksi program pembelian aset setiap bulannya sebesar $10 milyar, dan pada akhirnya mengakhiri stimulus di bulan Oktober than ini.

Maka keputusan FOMC kali ini akan melanjutkan tapering sebesar $10 milyar hingga menyisakan stimulus di angka $25 milyar, selain itu FOMC juga kemungkinan akan mempertahankan level suku bunga di 0% - 0.25% untuk periode yang cukup lama meski stimulus berakhir.

 

  1. Tidak ada konferensi pers paska pernyataan FOMC

Konferensi pers yang lalu, Gubernur Fed Yellen menolak untuk memberikan prediksi terhadap timing kenaikan suku bunga bank sentral sehingga memicu pelemahan Dollar.

Namun, kali ini tidak ada jadwal konferensi pers setelah pernyataan FOMC yang berarti Yellen juga tidak akan memberikan sesi tanya jawab. Oleh sebab itu para pelaku pasar kemungkinan akan memperhatikan setiap kata-kata pada pernyataan FOMC, bahkan jika terdapat perbedaan frasa yang menimbulkan persepsi lebih hawkish atau dovish berpotensi mempengaruhi pergerakan Dollar.

 

  1. Penilaian The Fed pada Kondisi Tenaga Kerja dan Inflasi

Pasar kerja AS dan inflasi secara gradual telah menunjukan perbaikan dalam beberapa bulan terakhir, sehingga mungkin saat yang tepat bagi The Fed untuk mengakui perbaikan ekonomi AS khususnya setelah data nonfarm payrolls bulan Juni lalu menunjukkan kenaikan yang impresif sementara laporan inflasi CPI juga menanjak diatas estimasi sejak bulan Maret.

Bagaimanapun masih terbuka peluang, bank sentral meredakan penilaian yang terlalu positif pada pasar kerja dan inflasi agar dapat meredam spekulasi kenaikan suku bunga. Apalagi jika kita simak pernyataan FOMC sebelumnya, terdapat frase “meski angka pengangguran dan inflasi mendekati level mandate, namun kondisi ekonomi masih potensial memerlukan tingkat suku bunga yang dibawah level normal di jangka panjang.”

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar