Selasa, 24 Januari 2017

market-outlook  Market Outlook

Tahun Ini, Bank Sentral NZ akan Kerek Bunga Tiga Kali

Kamis, 6 Maret 2014 10:48 WIB
Dibaca 506

Monexnews -  Bank Sentral Selandia Baru atau RBNZ diprediksi akan menaikkan suku bunga sebanyak tiga kali tahun ini. Perkiraan itu dilontarkan oleh pakar ekonomi di lembaga keuangan terbesar New Zealand, ANZ.


Menurut Kepala Ekonom ANZ Bank, Cameron Bagrie, kenaikan suku bunga akan terjadi pada bulan ini untuk kemudian dilanjutkan lagi pada semester II mendatang.  "Perekonomian mengharuskan itu (kenaikan bunga) dan menurut kami, Gubernur Wheeler akan melakukannya sebelum transisi jabatan pada akhir 2014," imbuh Bagrie. Lebih dari itu, Wheeler berkepentingan menjaga pertumbuhan inflasi domestik sesuai amanat konstitusi.


Bagrie memperkirakan RBNZ mengerek suku bunga sebanyak 25 basis poin menjadi 2.75% pada pertemuan pekan depan. Kepercayaan pelaku bisnis sudah mendekati level tertingginya dalam 20 tahun terakhir, sedangkan indikator inflasi memperlihatkan adanya tekanan harga. Gelembung yang terjadi di sektor konstruksi dan perumahan juga harus diimbangi dengan kebijakan bunga agar efeknya tidak menyebar ke sektor lainnya. Alasan itulah yang membuatnya yakin kalau otoritas akan mengencangkan sabuk moneternya dalam waktu dekat. Bagrie, di sisi lain juga tidak memperkirakan adanya kenaikan bunga agresif dan hanya mematok target maksimal di sekitar 4.75%. "New Zealand belum siap jika pengetatan moneter berjalan terlalu cepat," tutupnya.

[Nilai Tukar NZD/USD kini terpantau pada posisi 0.84224]

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar