Sabtu, 16 Desember 2017

market-outlook  Market Outlook

Target Pelemahan Yen 101.50 Untuk Konsolidasi

Jumat, 22 November 2013 14:17 WIB
Dibaca 1896

Monexnews - Hari ini merupakan rentetan puncak pelemahan nilai valuta Yen yang sudah berlangsung sejak 25 Oktober lalu, dan pada akhir pekan ini (Jumat, 22/11) mata uang negeri samurai itu juga turut mencatatkan level terendah dalam empat bulan terakhir.

Terpuruknya nilai kurs yen tak lain akibat penguatan dollar AS (USD) terkait merebaknya lagi isu tapering yang kembali membayangi pasar global. Masalah tapering kembali berkobar setelah minutes FOMC pada hari Rabu lalu (20/11) mengindikasi adanya potensi pengurangan stimulus moneter oleh Federal Reserve AS (the Fed) dalam waktu dekat.

Dalam publikasinya, rapat singkat berupa notulen dari the Fed - FOMC (minutes), membuat pasar menjadi khawatir bahwa the Fed akan segera mulai mengurangi program pembelian obligasi jika perbaikan ekonomi AS terus berlanjut. Minutes itu membuat USD menguat sehingga semakin membebani mata uang Jepang. Kini kalangan investor beranggapan bahwa the Fed akan mulai mengurangi program stimulusnya dalam waktu dekat bahkan lebih cepat sebelum bulan Maret 2014.

Keterpurukan Yen hingga ke atas level 101 terhadap USD juga akibat merebaknya sentimen negatif setelah gubernur Bank of Japan (BOJ) - Haruhiko Kuroda, mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan yang terbaik untuk membatasi kenaikan imbal hasil dalam jangka panjang. Sedangkan program kebijakan Shinzo Abe yang di kenal dengan ‘Abenomics’, juga masih terus berjalan dengan misi tujuan untuk memperbaharui perekonomian Jepang melalui pelemahan nilai tukar Yen.

Kurs yen sendiri hingga sesi siang berkisar pada area 101.10 terhadap USD setelah tumbang hingga 101.35. Sedangkan pada sesi penutupan hari Kamis (21/11) yen berakhir pada level 101.15 setelah tergerus sampai ke level 101.16.

Banyak kalangan analis memperkirakan pelemahan yen akan berlanjut hingga ke resisten terdekat di area 101.50 (tertinggi 8 Juli) setelah akhirnya akan konsolidasi. Di area ini yen kemungkinan akan mendapat pertimbangan apakah akan di lakukan profit taking atau terus melanjutkan pelemahan-nya hingga ke target berikutnya pada level 102.50 yang merupakan kisaran tertinggi 28 Mei silam.   

Grafik pergerakan valuta Yen harian, Monextrader

 

(Daru Wibisono)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar